FESTIVAL SENI ANAK MANGGARAI

Sahabat Anak Manggarai merupakan satu dari delapan cabang Sahabat Anak yang didirikan Yayasan Komunitas Sahabat Anak pada 1997. Delapan cabang tersebut adalah cabang Manggarai, Grogol, Cijantung, Rusunawa Cakung Barat, Gambir, Cijantung, Tanah Abang, Kota Tua, dan Bojong Indah.

Sahabat Anak berisi anak-anak marginal, berasal dari warga kurang mampu atau para anak putus sekolah. Para pengajarnya mayoritas merupakan relawan yang mengajarkan anak-anak mengenai pelajaran umum hingga pelajaran seni.

Bahwa setiap anak memiliki kesempatan dan kebebasan untuk berkarya, berkreasi, dan mengembangkan diri dalam ragam karya seni dan budaya. Maka 'Sahabat Anak Manggarai' menyelenggarakan “Festival Seni Anak Manggarai” dengan tema  “Bebas Berkarya", di Green Pramuka Square, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Sabtu 22 September 2018.

Festival yang pertama kali diselenggarakan ini, melibatkan anak-anak marginal asuhan Sahabat Anak untuk menampilkan karyanya.  Adanya festival ini merupakan wujud dari kegiatan kelas seni yang diberikan kepada anak-anak tersebut, antara lain seni tari, film, seni lukis, tulisan, dongeng dan fotografi.

Workshop berbagai karya seni tersebut, telah dilangsungkan selama 5 minggu, melibatkan para pekerja seni sebagai narasumber seperti materi film dari Andra Fembriarto, pelatihan musik dari Jakarta Performing Arts Community (JPAC), dan latihan melukis Lala Bohang.

Hasil karya para anak selama workshop dipilih dan ditampilkan pada acara ini, dan dimeriahkan oleh Glowing Star, Music Box, da Emmabelle. Juga ada talkshow yang bertema "anak berprestasi dalam akademis dan kreativitas" yang dibawakan oleh Kak Seto Mulyadi dan Klinik Pelangi.