FESTIVAL PENCAK SILAT TRADISIONAL BETAWI KE-8 DI MONAS, FESTIVAL:

Festival Pencak Silat Tradisional Betawi ke-8 ini di inisiasi oleh oleh Yayasan Tunas Kelape,  merupakan bagian dari pelestarian budaya Betawi yang sudah digelar selama tujuh tahun, juga merupakan kehormatan dan sejarah bahwa pencak silat kembali dipertontonkan, diperagakan, dan dilestarikan di pusat kota.

Di selenggarakan di Pelataran Monas, Jakarta Pusat, pada 22 Juli 2018, festival ini di resmikan oleh Sandiaga Uno (Wagub DKI), didampingi Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana atau Lulung dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono.

Ajang yang diikuti oleh 40 peserta/kelompok dibagI dalam dua kelas, Cingkrik dan Beksi. Jadi 20 peserta Beksi dan 20 peserta Cingkrik, Masing-masing diberi waktu 10 menit ini, dibuka dengan parade pesilat yang mengelilingi Monas dan Bundaran Hotel Indonesia

Dengan adanya Festival ini di harapkan bisa menjadi ajang berkumpul pegiat pencak silat Betawi dari Jakarta dan sekitarnya, serta dapat memacu pegiat Silat Tradisional semakin giat berlatih dan menampilkan atraksi yang menarik.