Festival Kuliner Betawi Hut Jakarta 492 Di Tmii

Festival Kuliner Betawi. Merupakan kegiatan Untuk memperingati HUT Kota Jakarta ke-492. Diselenggarakan oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta,  bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada 23 Juni 2019, di anjungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta TMII.

Pihak Anjungan DKI Jakarta menyiapkan 1000 kupon dengan total 2000 porsi. Panitia menyediakan porsi makanan lebih banyak dari jumlah kupon yang disediakan untuk menghindari kehabisan makanan.

Sebelum menikmati kuliner khas Betawi yang telah di sediakan panitia secara gratis, pengunjung harus mendaftar dulu secara langsung di lokasi pada pukul 10.00-12.00 WIB. Setiap pendaftar akan di berikan 1 kupon untuk ditukarkan dengan makanan pada 14.00-16.00 WIB. Dan hanya bisa di gunakan untuk sekali makan.

20 stand makanan di siapkan dengan menu yang beragam, seperti nasi uduk, nasi ulam, nasi goreng mengkudu, gado gado, soto betawi, soto mi, soto tangkar, toge goreng, laksa betawi, aneka kue ,dan minuman es.

Soto Betawi merupakan makanan yang disediakan dalam jumlah porsi yang cukup banyak. Namun, makanan yang ludes kurang lebih dari satu jam adalah ketupat babanci yaitu ketupat yang  berkuahkan santan dengan irisan daging, serta emping. Ketupat Babanci adalah kuliner khas Betawi yang kini sudah sangat jarang dijumpai karena langkanya beberapa bumbu yang dibutuhkan, dimana untuk masakan ini dibutuhkan sedikitnya 21 bumbu dan rempah.