Festival Kampung Rawajati

Festival Kampung Rawajati merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud), pada 27 hingga 28 Juli 2019. Di Lapangan Sepak Bola Belalang, Jalan Rawajati Timur III, RT 005 RW 02, Rawajati Pancoran, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini, dibuka oleh Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan dihadiri oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron, Sekretaris Kecamatan Pancoran Iwan K Santoso, Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi (Astrabi) Anwar Albatawi, Sekretaris Umum Lembaga Kebudayaan Betawi Imbong Hasbullah dan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Pada Festival Kampung Rawajati tahun 2019 ini, yang memasuki penyelenggaraan tahun kedua, menyajikan beberapa rangkaian acara. Hari pertama menampilkan berbagai Seni dan Budaya. Selain itu ada juga Lomba Hafidz Quran, Lomba Adzan, Lomba Mewarnai dan Lomba Masak. Kemudian di hari kedua, ada dua kegiatan inti yaitu Festival Silat yang diikuti oleh 60 perguruan se-Jabodetabek dan Pagelaran Musik sebagai penutup.

Dengan di selenggarakannya kegiatan ini, di harapkan agar masyarakat dapat meningkatkan dan memperkokoh budaya Betawi. Serta tercipta sinergi antara Pemerintah Daerah, Masyarakat serta Organisasi yang peduli dengan Budaya Betawi.