Fatahillah, Perfilman

Fatahillah merupakan judul Film Indonesia yang di produksi oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan PT. Parkit Films. Berdurasi 120 menit dan rilis pada tahun 1997.

Film ini menceritakan tentang seorang tokoh Ulama bernama Fadhilah Khan, kemudian dikenal sebagai Fatahillah atau Falatehan, yang berjuang mengusir Portugis, dan kemudian mendirikan Jayakarta atau dikenal sebagai Kota Jakarta sekarang ini.

Fatahillah (Igo Ilham) yang kala itu telah menyelesaikan tugas menuntut ilmu di Tanah Suci dan kembali ke tanah air. Kecewa melihat negerinya, Pasai, di hancurkan oleh Portugis. Ia kemudian bergabung dengan Sultan Trenggono (Abdi Wiyono) yang memerintah Kesultanan Demak.

Ia mendapat posisi terhormat, yaitu sebagai ulama. Bahkan kemudian menikah dengan adik Sultan, Ratu Pembayun (Linda Jatmika) dan Ratu Ayu (Yuni Sulistyawati), janda Adipati Unus yang gugur dalam pertempuran melawan Portugis di perairan Malaka.

Ketika Portugis semakin merajalela, dengan keinginannya mendirikan Benteng di Sunda Kelapa lewat persekutuannya dengan Raja Pajajaran. Kesultanan Demak merasa terpanggil untuk melakukan perang terhadap Portugis.

Fatahillah kala itu di pilih sebagai panglima perang, dan berhasil merebut Sunda Kelapa dan berganti nama menjadi Jayakarta, yang kemudian berganti nama lagi menjadi Jakarta hingga kini.

 

Produser Surjadi Sudirdja, HM Johan Tjasmadi
Sutradara Chaerul Umam, Imam Tantowi
Penulis Misbach Jusa Biran
Pemeran Igo Ilham, Linda Jatmika, Yuni Sulistyawati, Abdi Wiyono, Aspar Paturusi, Pramana PMD, Piet Pagau, Amak Baldjun, Eka Gandara, Syamsuri Kaempuan, Tb Maulana Husni, Tizar Purbaya