EUROPE ON SCREEN (EOS)

Europe on Screen (EoS) adalah festival film internasional terlama yang masih aktif diadakan hingga saat ini di Indonesia. EoS pertama kali digelar tahun 1990 dengan nama “Festival Film Eropa”, lalu diadakan lagi di tahun 1999. Sejak tahun 2003 acara ini menjadi acara tahunan dan menggunakan nama Europe on Screen.

 

Jakarta menjadi kota utama penyelenggaraan EoS karena sebanyak 90% dari seluruh pemutaran dan kegiatan diadakan di Jakarta, sedangkan sisanya diadakan di Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta. Beberapa kota besar  lainnya di Indonesia juga pernah dipercaya menjadi kota penyelenggara. Jumlah rata-rata film yang diputar selama EoS setiap tahunnya sekitar 80-90 film dengan 200 jadwal pemutaran dan kegiatan selama 10 hari penyelenggaraannya.

 

EoS memutar film-film terpilih dari negara-negara Uni Eropa, dan negara-negara Eropa lainnya yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Kegiatan EoS tidak hanya sekedar pemutaran film, namun juga mencakup diskusi, kompetisi dan pameran.

 

Kantor Sekretariat EoS terletak di Gedung Usmar Ismail, Jl. Rasuna Said Kav. C22, Kuningan, Jakarta Selatan 12940.