Eddy Sud

Pelawak dan pembawa acara, bernama lengkap Eddy Sudiharjo. Lahir di Desa Sayangan, Gondang Winangun, Klaten, 20 Agustus 1937 dan meninggal di Solo, 16 Agustus 2005. Karirnya sebagai pelawak sudah dimulai sejak tahun 1950-an. Setelah melawak sendiri beberapa lama, ia ketemu jodoh dengan Us Us, lalu membentuk duet tahun 1959. Film pertamanya, Satu Bujang Lima Dara (1959) produksi Anom Pictures dan disutradarai Rempo Urip. Kemudian menyusul film berikutnya, seperti: Karena Daster, Panon Hideung, Marina, Kasih Tak Sampai.

Ia sempat kuliah di Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta, tidak sampai selesai. Di kota ini ia bertemu dengan S. Bagio dan Iskak yang kemudian membentuk grup lawak EEl, gabungan ketiga nama mereka. Kelompok ini hijrah ke Jakarta dan bermain dalam film Gaja Remadja (1960). Setelah Eddy keluar dari EEl, tempatnya digantikan Atmonadi. Dalam perkembangannya, Eddy membentuk grup lawak Kwartet Jaya bersama Bing Siamet, Iskak dan Ateng (1967). Grup lawak ini segera mengukuhkan diri sebagai kelompok lawak paling terkenal pada tahun 1970-an. Kemudian ia bersama Bing Slamet dan Butjuk Suharto, mendirikan PT Safari Sinar Sakti Film.

Setelah Bing Slamet meninggal dunia, Kwartet Jaya membubarkan diri. Eddy Sud lalu membentuk grup baru bersama Kris Biantoro, Adi Bing Slamet dan Mang Udel, namun tidak bertahan lama. Pada tahun 1991 ia menjadi koordinator artis safari dan pembawa acara Aneka Ria Safari di TVRI. la pula yang berhasil mengorbitkan Adi dan Iyut- keduanya anak Bing Slamet- menjadi penyanyi cilik yang digemari pada tahun  1970-an. Dan terakhir menjadi Ketua Paguyuban Lawak Indonesia.