Ecopark Ancol, Wisata Alam

Allianz Ecopark memiliki luas lahan hampir 34 hektar merupakan kawasan hasil dari mengalihfungsikan Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi terbaru yang menawarkan nilai-nilai edukasi (edutainment) dan petualangan (adventure) dengan pendekatan green lifestyle, menjadi ruang terbuka bagi pengunjung Ancol Taman Impian untuk mengeksplorasi pengetahuan botani dan rekreasi luar ruang.Allianz Ecopark terbagi menjadi beberapa kawasan (zona) dengan fungsi dan fasilitas berbeda.

Pada keseluruhan zona ini, beragam jenis tanaman pesisir sesuai dengan kegunaannya bagi lingkungan hidup telah ditanam, sekaligus untuk menjadikan Ecopark sebagai sebuah kawasan yang hijau dan teduh, serta tempat pembelajaran botani lengkap yang menyenangkan. Menegaskan keberadaannya sebagai tempat rekreasi yang menawarkan unsur petualangan (adventure).  Allianz Ecopark adalah area yang banyak sekali tanaman dan pepohonan dengan tatanan yang rapi, sehingga cocok sekali untuk bersantai.

Pengunjung pun dapat sekedar berjalan kaki atau mengikuti aktivitas seperti memanah, mengenal lingkungan di Rumah Eneger, Rumah Lebah, dan  Faunaland. Allianz Ecopark Ancol adalah resolusi wisata green tour yang akan mengedukasikan anak-anak tentang wisata hijau. Konsep yang diusung destinasi wisata ini adalah sebuah taman padang golf. Taman tersebut bertemakan green lifestyle. Dimana memungkinkan anda untuk bisa bereksplorasi dengan tanaman dan juga bermain.

Memiliki kawasan seluas 33,6 hektar, Allianz Ecopark Ancol dibagi menjadi 4 kawasan yaitu : Eco energy, Eco Care, Eco Nature, dan Eco Art. Inilah keunggulan dari Ecopark Ancol yang ditawarkan pada pengunjung :

  1. Eco-Energy. Zona ini memungkinkan pengunjung  untuk mempelajari pemanfaatan energi secara tepat dan bisa belajar mengenai pengenalan berbagai sumber energi terbaru.
  2. Eco-Care. Di sini a bermacam-macam permainan edukasi yang seru dan bersifat kekeluargaan dapat dinikmati .
  3. Eco-Art. Zona ini menawarkan berbagai pertunjukan pameran dan seni. Pengunjung dapat menikmati berbagai atraksi seni sekaligus mempelajarinya.
  4. Eco-Nature. Zona ini merupakan sebuah wahana yang memberikan edutainment berbagai jenis flora & fauna yang unik. Pengunjung dapat berbaur dengan alam yang unik dan hijau menyenangkan.

Allianz Ecopark Ancol menampung puluhan ribu pohon langka: Eboni dan Trembesi. Kawasan Ancol yang berdiri tahun 2010 ini menjadi kawasan hijau baru bagi penduduk Jakarta. Pohon-pohon di sini menjadi pengharapan baru penduduk Jakarta yang mendambakan oksigen bersih. Di Allianz Ecopark Ancol  terdapat kanal-kanal yang mampu mengantisipasi air laut saat pasang, gelombang air laut, dan air dari curah hujan. Ecopark memberikan pendidikan bagi masyarakat tentang konsep yang menyenangkan tentang bagaimana menghidupkan kembali alam kita.

Allianz Ecopark Ancol memberikan peluang kepada pecinta sepeda untuk bisa bersepeda dengan nyaman dengan kondisi udara yang baik. Keunggulannya, Allianz Ecopark Ancol memiliki jalur sepeda yang terpisah dengan jalur pejalan kaki.   Dengan wahana Ecobike ini pengunjung bisa bersepeda berkeliling di sebuah lintasan yang sudah ditentukan. Dengan luas hampir mencapai 34 H akan membuat pengunjung  cukup berkeringat.Untuk bersepeda, menyewa sepeda di kawasan Ecopark Ancol lebih dianjurkan. Karena pengunjung akan mendapatkan fasilitas lebih yaitu handuk untuk mandi di ruang bilas dengan shower air panas.

Terdapat pulau-pulau kecil  buatan yang dipisahkan oleh danau, dibuat sebagai habitat masing-masing binatang; monyet, rusa, burung, angsa, kelinci, kambing. Di sini, anak-anak bisa belajar mempraktekkan cara memanen telur bebek sampai mengolahnya menjadi telur asin. Selain itu, mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut.

Pertunjukan teater, menceritkan tentang dongeng Timun Mas yang dipadukan dengan air mancur, laser, animasi, kembang api, kapal, water jetski, dan gerakan tari tradisional. Ini akan menjadi pertujukan hebat bagi 1500 penonton. Dimulai pada pukul 19.00 WIB, teater ini berlangsung 30 menit.

Terdapat Wahana permainan yang mengedukasi, Learning Farm. Learning Farm adalah wahana edukasi yang akan mengajarkan cara menanam sayuran organik. Di Ecopark Ancol, mereka akan diajari bagaimana cara menamam sayur organik dan merawatnya: memberi pupuk, menyiangi tanaman, dan menyiraminya. Untuk mengukuti learning farm, pengunjung bisa memakai tarif khusus yang sudah disediakan sepaket :

Tidak hanya sayuran yang bisa dibuat dengan cara organik. Di Ecopark Ancol, lampu pun bisa dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan sangat mudah di dapat. Berbekal bahan-bahan sederhana : gelas kaca, sumbu, minyak goreng, air bersih, dan pewarna, anak-anak akan bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Aktivitas berikutnya adalah berkeliling sebuah danau buatan dengan menggunakan kano. Ada juga wahana Fantastique. Area multimedia ini sangat mengagumkan. Di sini anda bisa melihat pertunjukkan lampu kelap kelip memepesona di malam harinya.

Di tempat wisata ini anda juga bisa bermain flying fox. Wahana flying fox terletak di Ocean Ecopark yang terkenal cukup ekstrim di daerah jakarta. Ada juga fasilitas untuk bermain Paintball khususnya bagi kelompok berumur 14 tahun ke atas.

Ada juga fasilitas mobil-mobilan. Mulai dari yang berbentuk bom-bom car sampai mobil listrik yang diperuntukkan bagi anak-anak. Berikutnya ada fasilitas outbound.

Berbagai aktivitas wahana outbond ini diantaranya adalah berjalan di tali yang terpasang di pohon-pohon yang ada di taman ini. Atua yang biasa disebut top-tree walking. Dan juga masih banyak permainan outbound seru lainnya.

Mengenai fasilitas penunjang, wisata ecopark ancol menyediakan berbagai srana lengkap. Diantaranya adalah toilet, mushola, dan juga area parkir yang sangat luas.

Ada juga disediakan sejumlah tempat untuk beristirahat. Jika anda lapar, tersedia juga ruang makan untuk anda sekedar bersantap kuliner.

Fasilitas lainnya berupa ruang untuk edukasi dan juga penginapan. Untuk berbagai keperluan, anda tidak perlu kawatir. Di sana sudah disediakan tempat-tempat penyewaan seperti sepeda, sekuter mobil atau Ecobike untuk sekedar berkeliling di Ecopark Ancol.

Jika anda ingin berkeliling danau, sudah juga disediakan tempat untuk menyewa perahu ataupun kano. Dalam rangka meningkatkan kepuasan pengunjungnya, ecopark convention ancol juga menyediakan fasilitas. Yaitu Ecolab, Treetop Walk, dan Botanical Garden.

Ada juga Butterfly Pavilion, Birdies Adventurous, Ecopark Discover Centre, dan juga bangunan lain seperti Club House dan Exhibition Hall.

Lokasi Ecopark Ancol
Lokasi ecopark ancol terletak tepat di Taman Impian jaya Ancol di daerah Jakarta Utara. Letak administratifnya berada di Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Jakarta Utara, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta, kodepos 13820.

Harga Tiket Masuk Ecopark Ancol
Ecopark Ancol tiket gratis jika tidak melalui pintu gerbang utama. Pengunjung yang melewati pintu utama dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.

Namun, harga tiket di sini juga bervariasi tergantung wahana yang ingin dimainkan. Harga tiketnya ditentukan berdasar masing-masing wahana yang ingin dimainkan.

Jam Buka

Jam buka untuk Allianz Ecopark Ancol : Senin sampai Jumat 06.00 – 18.00 WIB, baik untuk pas week end ataupun week days. Tiket masuk mulai dari Rp 30.000,-.

Jam operasional Ecopark di Ancol dimulai pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Untuk jam operasional wahananya berbeda-beda.

 

Untuk permainan Paintball,  jam buka adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara untuk aktivitas Learning Farm dimulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk menikmati wahana Faunaland, anda bisa datang pukul 09.30 di hari biasa. Wahana ini akan tutup sekitar pukul 17.30 WIB. Untuk info lebih lanjut, anda bisa hubungi nomor (021) 29 222 222 & hotline sms ke 0812 8799 2222.

Lokasi Ecopark Ancol
Lokasi ecopark ancol terletak tepat di Taman Impian jaya Ancol di daerah Jakarta Utara. Letak administratifnya berada di Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Jakarta Utara, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta, kodepos 13820.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara

Open Hour: Buka setiap hari 6 AM – 6 PM