EBIET G. ADE

Penyair, gitaris, pencipta lagu, dan penyanyi balada bernama asli Abdul Gafar Abdullah. Lahir di Wonodadi, Jawa Tengah 21 April 1954. Masa remajanya dihabiskan di Yogyakarta. Di sana ia terlibat dalam dunia seni, dimulai sejak di SMA yang ia selesaikan pada tahun 1974. Ia pernah mengasuk Vokal Group, ia juga aktif dalam membaca dan menulis puisi dan pernah bermain drama. la belajar gitar pada Kusbini.

Ebiet hijrah ke Jakarta, menjadi penyanyi yang disegani. Menikah dengan Yayuk Sugiyanto, kakak penyanyi lis Sugiyama. Lagu pertamanya yang melejit adalah Camelia. Lagu ini sangat populer sehingga Ebiet mencipta dan menyanyikannya sampai Camelia IV. Ebiet mendapatkan penghargaan sebagai penyanyi terbaik Anugerah Musik Indonesia 1997 dan pemenang BASF Awards 1984 hingga 1988. Salah satu lagunya yang berjudul "Lagu untuk Sebuah Nama" diangkat untuk melengkapi ilustrasi film Arjuna Mencari Cinta. Tatanan musik dan syair yang terpelihara, mengantarkannya sebagai penyanyi dan pencipta lagu kesayangan dalam angket siaran ABRI tahun 1979-1980 dan tahun 1980-1981. Sebagai penyanyi ia pernah diundang dalam acara Forum Musik Asia di Tokyo, Jepang tanggal 7 April 1981 yang diikuti 5 negara Asia (Thailand, Vietnam, Hongkong, Korea Selatan dan Indonesia).

Di tahun 2002 ia merilis albumnya ke 15 berjudul Bahasa Langit. Dalam menciptakan sebuah lagu, ia sering mengadakan pengamatan terlebih dahulu, misalnya tentang besarnya ciptaan Tuhan, hal-hal yang berhubungan dengan-Nya, tentang alam serta kritik sosial. Lagu-lagunya mempunyai bobot tersendiri, karena bertolak dari menulis puisi, kemudian dibuatkan nada dan terakhir masuk rekaman. Ini dimaksudkannya agar lebih komunikatif, romantik sekaligus memasyarakatkan puisi.