Dukuh Atas, Kampung

Dukuh Atas merupakan salah satu kawasan perkampungan di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Kampung ini berada di sudut barat daya Kecamatan menteng. Lokasinya strategis karena berada di dekat pusat bisnis Ibu Kota Jakarta. Kampung ini berada dekat dengan Jalan Jenderal Sudirman dan Bunderan Hotel Indonesia.

Dahulu kala, di kawasan ini terdapat sebuah stasiun kereta api yang bernama Stasiun Dukuh Atas kini bernama Stasiun Sudirman. Kawasan ini direncanakan menjadi kawasan transit terpadu (Transit Oriented Development/TOD). Konsep TOD ini di dalamnya terdapat pusat perkantoran, hotel, convenience store, fashion, ATM, food & beverage hingga tempat tinggal murah yang dibangun dekat dengan MRT. Saat ini di kawasan Dukuh Atas sudah terdapat stasiun kereta bandara, stasiun kereta api, halte Transjakarta, dan stasiun MRT (Mass Rapid Transit). Rencana kedepan, di kawasan ini juga akan ada stasiun pemberhentian LRT (Light Rail Transit), sehingga seluruh angkutan umum tersebut dapat terintegrasi dengan baik untuk dipergunakan oleh masyarakat Ibu Kota.

Sejak tahun 1960, kawasan ini sudah menjadi kawasan kehidupan malam yang melayani kebutuhan masyarakat menengah ke atas. Di kawasan ini juga terdapat sejumlah bar dan night club.

Nama Dukuh Atas sendiri diperkirakan berasal dari nama perkebunan buah duku yang pernah tumbuh di daerah tersebut pada masa lalu.  Kata “dukuh” itu berasal dari “duku”, yaitu nama umum untuk sejenis buah-buahan anggota suku meliacea.