Dr. H. Fadli Zon, S.s., M.sc, Tokoh

Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc.,adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2014 – 2019. Bersama Prabowo Subianto dan beberapa tokoh nasional, ia ikut mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya dan menjabat sebagai wakil ketua. Sejak 8 Oktober 2015, ia juga dipercaya sebagai Chairman of Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) atau Presiden Organisasi Parlemen Antikorupsi Sedunia.

Pendidikan
Ia menyelesaikan pendidikan sarjana pada Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dan Master of Science (M.Sc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris. Dia mendapatkan Gelar Doktor di Program Studi Sejarah FIB UI. Fadli Zon juga aktif menjadi pengajar di almamaternya, FIB UI.

Keluarga
Fadli Zon lahir di Jakarta, Jakarta, 1 Juni 1971 dan merupakan putera pertama dari tiga bersaudara pasangan Zon Harjo dan Ellyda Yatim. Kedua orang tuanya berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat, Minangkabau. Fadli Zon menghabiskan masa kecilnya dan menyelesaikan pendidikan dasar di desa Cisarua, Bogor. Ia melanjutkan pendidikan SMP-nya di Gadog, Bogor, dan kemudian pindah ke Jakarta. Fadli belajar selama dua tahun di SMA Negeri 31, Jakarta Timur, sebelum akhirnya mendapat beasiswa dari AFS (American Field Service) ke San Antonio, Texas, Amerika Serikat dan lulus dengan predikat summa cum laude.

Fadli kemudian melanjutkan studinya di program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI).. Semasa kuliah, Fadli aktif di berbagai organisasi, baik intra maupun ekstra kampus. Ia pernah menjadi Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994).

Ia aktif dalam kehidupan politik kampus dengan memimpin berbagai demonstrasi dan menghidupkan kelompok-kelompok studi di dalam kampus UI era awal 1990-an. Selain itu, ia juga bergabung dengan Teater Sastra UI. Di luar kampus, ia pernah menjadi Sekjen dan Presiden Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) pada 1993-1995, pengurus pusat KNPI (1996-1999), pengurus pusat Gerakan Pemuda Islam (1996-1999), dan anggota Asian Conference on Religion and Peace (ACRP) sejak 1996.

Pada tahun 1994, Fadli Zon terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) I Universitas Indonesia dan Mahasiswa Berprestasi III tingkat Nasional dan memimpin delegasi mahasiswa Indonesia dalam ASEAN Varsities Debate IV (1994) di Malaysia. Pada tahun 2002, ia mengenyam pendidikan di London School of Economics and Political Science (LSE) di bawah bimbingan John Harriss dan Robert Wade.

Selama menjadi mahasiswa, Fadli Zon juga bekerja sebagai seorang wartawan. Profesi ini ia mulai ketika menjadi wartawan pada tabloid IQRA & Majalah Suara Hidayatullah  dari tahun 1990 hingga 1991.

Tahun 1991 juga Fadli Zon menjadi wartawan pada harian Terbit. Kemudian menjadi redaksi dari Majalah Gema DHN Angkatan 45, Redaktur & Dewan Direksi Majalah Horison dan Redaktur Majalah Tajuk. 

Pengalamannya serta prestasinya yang begitu banyak membuat Fadli Zon kemudian menjadi Direktur Eksekutif Center for Policy and Development Studies (CPDS) yang bergerak di bidang lembaga penelitian dari tahun 1995 hingga 1997.

Setelah lulus dari Universitas Indonesia tahun 1997, pada tahun berikutnya yakni 1998, Fadli Zon menjadi seorang wartawan dan juga menjadi dewan Redaksi Tabloid Abadi pada tahun 1998 hingga tahun 2000.

 

Menjadi Anggota MPR RI

Fadli Zon juga terpilih menjadi anggota MPR RI dari tahun 1997 hingga 1999 sebagai utusan golongan. Di tahun 1998, Fadli Zon merupakan salah satu tokoh pendiri Partai Bulan Bintang (PBB). Ia pun menjadi salah satu ketuanya dan dan mundur pada tahun 2001.

 

Karir Bisnis

Selain berkecimpung di dunia politik, Fadli Zon juga aktif dalam berbisnis. Di tahun 1999 ia pernah bekerja di perusahaan Nusantara Energy Ltd hingga tahun 2001.

Tahun 2002, Fadli Zon mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di London School of Economics and Political Science di Inggris.

 

Mendirikan Partai Gerindra

Pada tahun 2008, Fadli Zon bersama dengan Prabowo Subianto mendirikan partai GERINDRA (Gerakan Indonesia Raya) dan kemudian menjadi wakil ketua umum partai yang berlambang kepala burung garuda tersebut.

Dalam pesta demokrasi yang digelar pada tahun 2009, Fadli Zon kemudian maju sebagai calon anggota dewan perwakilan rakyat pusat di daerah pemilihan Sumatera Barat namun usahanya gagal karena tidak cukup meraih suara ke Senayan. 

Fadli Zon diketahui juga menjabat sebagai Direktur Umum Golden Spike Energy Indonesia Ltd  hingga tahun 2005.  Ia kemudian menjabat sebagai Direktur PT Padi Nusantara dan menjadi salah satu komisaris di PT Tidar Kerinci Agung sejak 2009.

 

Wakil Ketua DPR

Pada tahun 2014, Fadli Zon kemudian maju lagi menjadi calon anggota DPR RI wilayah pemilihan Jawa Barat melalui partai Gerindra di daerah pemilihan Jabar V. Kali ini ia berhasil mendapatkan cukup suara 79.074 suara dan berhasil menjadi anggota DPR. Saat pemilihan Fadli Zon terpilih menjadi wakil ketua DPR RI.  Fadli Zon diangkat sebagai wakil ketua DPR pada 2 Oktober 2014. Pemilihan ketua dan 5 wakil ketua DPR sendiri dilakukan pascapelantikan dan sumpah jabatan 555 Anggota DPR periode 2014-2019 di ruang paripurna Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, MPR RI. Sistem yang digunakan untuk pemilihan mengacu pada UU MD3, yang mewajibkan Ketua DPR dan wakilnya diajukan dalam satu paket oleh fraksi-fraksi di DPR.

Fadli Zon masuk dalam paket yang diajukan oleh lima fraksi dalam Koalisi Merah Putih yaitu Partai Golkar, Gerindra, PKS, PPP, Partai Demokrat, dan PAN, dengan pimpinan Setya Novanto. Meski sempat diwarnai kericuhan, paket ketua dan wakil ketua dari Koalisi Merah Putih ini akhirnya terpilih secara aklamasi dan tanpa paket saingan, dan dilantik oleh ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di hari yang sama malam harinya.

Fadli Zon diangkat sebagai wakil ketua DPR pada 2 Oktober 2014. Pemilihan ketua dan 5 wakil ketua DPR sendiri dilakukan pascapelantikan dan sumpah jabatan 555 Anggota DPR periode 2014-2019 di ruang paripurna Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, MPR RI. Sistem yang digunakan untuk pemilihan mengacu pada UU MD3, yang mewajibkan Ketua DPR dan wakilnya diajukan dalam satu paket oleh fraksi-fraksi di DPR. Fadli Zon masuk dalam paket yang diajukan oleh lima fraksi dalam Koalisi Merah Putih yaitu Partai Golkar, Gerindra, PKS, PPP, Partai Demokrat, dan PAN, dengan pimpinan Setya Novanto. Meski sempat diwarnai kericuhan, paket ketua dan wakil ketua dari Koalisi Merah Putih ini akhirnya terpilih secara aklamasi dan tanpa paket saingan, dan dilantik oleh ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di hari yang sama malam harinya.

 

Seorang Budayawan

Selain dikenal sebagai seorang politisi di Senayan, Fadli Zon juga diketahui sebagai seorang budayawan. Diketahui ia banyak mengoleksi ribuan buku kuno dan langka yang ia simpan di perpustakaannya yang ia namakan Fadli Zon Library di Jakarta Pusat.

Ia juga banyak mengoleksi keris, dan dikenal sebagai ketua dari Lingkaran Keris Indonesia yang bertujuan dalam melestrarikan dan memajukan keris Indonesia. Selain itu juga beliau merupakan pendiri dari Rumah Budaya di Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Fadli Zon kini kerap menjadi salah satu narasumber atau pembicara dalam berbagai acara, seminar, ataupun talkshow baik di radio maupun televisi.

Fadli Zon diketahui menikah dengan seorang wanita bernama Katharine Grace. Dari pernikahannya ini, Fadli Zon mempunyai dua orang anak perempuan bernama Shafa Sabila Fadli, Zara Saladina Fadli.

 

Chairman of Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC)

Pada 8 Oktober 2015, Fadli Zon dipilih sebagai Presiden Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) atau Organisasi Parlemen Antikorupsi Sedunia menggantikan presiden sebelumnya, Garcia Cervantes yang berasal dari Meksiko. Ia terpilih secara aklamasi dalam rapat Dewan Direksi GOPAC yang berlangsung di Yogyakarta yang dihadiri sejumlah perwakilan GOPAC regional Afrika, Arab, Amerika Latin, Asia Timur, Oseania, Karibia, dan Amerika Utara.

Karya-karya
Buku
○ Politik Huru-Hara Mei 1998 (2004)

Puisi
○ Sajak Seekor Ikan
○ Air Mata Buaya
○ Raisopopo
○ Pasukan nasi bungkus
○ Sandiwara
○ Sajak Orang Hilang
○ Sajak Tentang Boneka

Nama Lengkap : Fadli Zon
Profesi : Budayawan
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Selasa, 1 Juni 1971
Zodiac : Gemini
Hobby : Membaca, kolektor barang antik dan buku kuno
Warga Negara : Indonesia

PENDIDIKAN:
○ S3 Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (2016)
○ Master of Science (MSc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris (2003)
○ Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) (1997)
○ Harlandale High School Texas USA (AFS) (1989-1990)
○ SMA Negeri 31, Jakarta Timur (1987-1989)
○ SMP Fajar Jakarta Timur (1984-1987)
○ SDN Cibeureum 3 Bogor Jawa Barat (1984)

 

KARIR
○ Komisaris PT Tidar Kerinci Agung (2009-sekarang)
○ Direktur Bidang Kelapa Sawit PT Tidar Kerinci Agung (2007-2009)
○ Direktur PT Padi Nusantara (sejak 2005)
○ Direktur Umum Golden Spike Energy Indonesia Ltd (2002-2005)
○ Nusantara Energy Ltd (1999-2001)
○ Redaktur dan Dewan Redaksi majalah sastra Horison sejak 1993

 

Karir Politik:
○ Direktur Eksekutif Center for Policy and Development Studies (CPDS) (1995-1997)
○ Anggota MPR RI (1997-1999)
○ Ketua Partai Bulan Bintang (1998-2001)
○ Wakil Ketua DPR RI (2014-2019)
○ Wakil Ketua Umum Partai Gerindra

 

PENGHARGAAN:
○ Gerakan Etnonasionalis: Bubarnya Imperium Uni Soviet (Sinar Harapan, 2002)
○ The IMF Game: The Role of the IMF in Bringing down the Soeharto Regime (IPS, 2004)
○ Politik Huru Hara Mei 1998 (buku best seller, 2004 diterbitkan oleh IPS)
○ Politics of May Riots 1998 (Solstice, 2004)
○ Mimpi-Mimpi Yang Kupelihara: Kumpulan Puisi 1983-1991 (Horison, 2010)

 

Penghargaan :
○ Fadli diangkat menjadi Datuk Bijo Dirajo Nan Kuning
○ Gelar Tuanku Muda Pujangga Diraja, dari Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau, 2009
○ Tokoh Muda Inspiratif, Kompas, November 2009
○ Komunikator Terbaik Pilpres 2009 untuk kategori Tim Kampanye/Tim Sukses, dari Strategi Aliansi Komunika, 2009
○ Pemimpin Pancasila Tahun 2011, dari Yayasan Indonesia Satu, 11 Juni 2011
○ Gelar Kanjeng Pangeran Kusumohadiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Juni 2011

 

SOCIAL MEDIA
○ Website : Website Fadli Zon
○ Twitter : Twitter Fadli Zon
○ Facebook : Facebook Fadli Zon
○ Instagram : Instagram Fadli Zon
○ WIkipedia : Wikipedia Fadli Zon