Diplomatic Corps Gathering 2017, Peristiwa

Diplomatic Corps Gathering 2017 diadakan pada hari Selasa, 21 November 2017 pukul 19,00-21.00 WIB bertempat di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan Diplomatic Corps Gathering diadakan setiap dua tahun sekali untuk memperat hubungan diplomatik dengan masing-masing Perwakilan Negara Asing (PNA) di Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri RI. 

Diplomatic Corps Gathering 2017 dihadiri oleh 97 tamu undangan yang terdiri dari Kedutaan Besar, tamu undangan internal Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Dalam Negeri RI dan Direktur Pamobvit Polda Metro Jaya. Acara ini sekaligus menjadi ajang perkenalan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang baru saja dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.

Acara ini juga menekankan pentingnya peranan Jakarta sebagai the capital city of ASEAN serta perlunya pemberian fasilitas diplomatik yang didasarkan oleh azas resiprositas dengan tetap mengindahkan ketentuan dan peraturan yang berlaku di negara penerima, khususnya di kota Jakarta.