Dalam Mihrab Cinta, Perfilman

DALAM MIHRAB CINTA,  merupakan film drama Indonesia. Diproduksi oleh SineMart Pictures. Film berdurasi 109 menit ini, rils pada 23 Desember 2010.

Diangkat dari novel berjudul sama, karya Habiburrahman El Shirazy. Ia menyutradarai film ini dengan Chaerul Umam sebagai Director Supervisor.

Film ini, berkisah tentang seorang remaja bernama Syamsul Hadi (Dude Herlino) yang difitnah mencuri oleh temannya Burhan (Boy Hamzah) di sebuah pesantren Al Furqan, Kediri.

Hal ini disebabkan rasa cemburu Burhan kepada sahabatnya, atas kedekatannya dengan Zizi (Meyda Sefira). Karena tidak ada yang mempercayai penjelasannya, Syamsul dikeluarkan dari Pesantren dan berkelana menjadi seorang pencopet untuk menyambung hidup.

Dalam aksi perdananya, Syamsul tertangkap basah dan dihajar oleh massa serta masuk dalam penjara. Dalam penjara Syamsul mendapat ilmu “mencopet” dari teman sekamar selnya. Setelah keluar dari penjara dipraktekkanlah ilmu tersebut dan berhasil. Uniknya selama menjadi pencopet, Syamsul mencatat uang dan pemilik yang telah dicopetnya, dengan harapan suatu saat akan mengembalikannya kelak.

Sylvie (Asmirandah) tunangan Burhan menjadi salah satu korbannya. Mengetahui hal itu timbul niat di hati Syamsul untuk membalas perlakuan Burhan dulu saat memfitnahnya. Ia nekat mendatangi rumah Sylvie untuk memberitahukan perilaku Buruk Burhan.  Namun Ia malah di minta ayah Sylvie untyuk menjadi guru ngaji anak seorang pengusaha kaya. Kebetulan juga Sylvie merupakan guru les matematika dari anak pengusaha tersebut. Pertemuan dengan ayah Sylvie ini, digunakan Syamsul untuk membongkar keburukan Burhan yang sebenarnya sudah bertunangan dengan wanita lain. Mengetahui hal ini, keluarga Sylvie pun membatalkan pertunangan dan menolak lamaran Burhan.

Sementara itu, merasa gajinya lebih dari cukup, Syamsul mengembalikan semua uang yang telah dicopetnya dan bertaubat berhenti dari kerjaan haram itu. Ia juga berusaha memperbaiki status dengan melanjutkan kuliah. Dan bakatnya dalam memberikan ceramah serta akhlaknya yang baik, membuat seorang Direktur acara televisi religius di salah satu stasiun TV swasta memintanya menjadi pengisi acara ceramah di program TV sang Direktur. Program ini kemudian di saksikan pula oleh orang-orang yang dulu tidak mempercayainya, antara lain pak Kyai Syamsul di Pesantren dulu, juga oleh keluarganya, serta Sylvie yang semakin jatuh hati pada Syamsul.

Namun ternyata, Zizi yang dulu pernah ditolong Syamsul juga menaruh hati pada Syamsul. Ibu Syamsul memberitahukan hal ini padanya setelah orang tua Sylvie datang meminang Syamsul. Diantara Sylvie dan Zizi, pilihan Syamsul jatuh pada Sylvie. Persiapan pernikahan pun dimulai, undangan disebar. Namun sayang, dalam perjalanan mengantarkan undangan, Sylvie mengalami kecelakaan tragis dan meninggal. Duka mendalam dialami Syamsul.

Setelah sekian lama, akhirnya keluarga Zizi menyampaikan niat untuk meminang Syamsul dan Ia bersedia menikah dengan Zizi.

Produser Leo Sutanto
Sutradara Habiburrahman El Shirazy
Penulis Adra P Daniel, Habiburrahman El Shirazy
Pemeran Dude Harlino, Asmirandah, Boy Hamzah, Tsania Marwa, El Manik, Niniek L Karim, Elma Theana, Umar Lubis, Neno Warisman, Iszur Muchtar, Berliana Febrianti, Kaharuddin Syah, Nabila Chairunnisa, Meyda Sefira