Cipulir, Kampung

Cipulir merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sebelah utara kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Grogol Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Grogol Selatan dan Kelurahan Kebayoran Lama Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Ulujami.

Cipulir merupakan salah satu kawasan yang cukup tua di Jakarta. Di kawasan ini banyak dijumpai rumah bergaya Betawi dan Belanda pada dahulu kala. Kini rumah-rumah tersebut sudah dibongkar tergantikan dengan perumahan-perumahan bergaya minimalis dan modern. Namun sisa rumah bergaya Betawi dan Belanda masih dapat ditemukan di sepanjang kanan dan kiri Jalan Raya Kebayoran Lama dan Jalan Ciledug Raya. Penduduk di Cipulir bermacam-macam etnis, yakni Betawi, Jawa, Sunda, Padang, Batak, Arab, dan China.

Nama Cipulir diperkirakan berasal dari keadaan sungai di kawasan tersebut pada masa lampau. Kata “Ci” yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya aliran air atau sungai. Sedangkan kata “Pulir” berasal dari kata pelintir yang artinya berkelok-kelok. Cipulir berarti aliran air sungai yang berkelok-kelok pada masa lampau.