Cinta Pertama, Perfilman

Film ini merupakan film drama musikal Indonesia yang di buat pada tahun 1973. Berhasil meraih penghargaan dalam kategori film terbaik, sutradara terbaik, dan pemeran utama wanita dengan pujian di ajang Festival Film Indonesia tahun 1974.

Bercerita tentang kisah cinta antara Ade (Christine Hakim) dan Bastian (Slamet Rahardjo) yang penuh lika-liku. Ade yang telah dijodohkan sang ayah, Sunarya (Kusno Sudjarwadi),  dengan Johny (N. Riantiarno) anak dari rekan kerja ayahnya yang baru kembali dari Jerman.

Ade, Irma (Ully Artha), Herman (Soultan Saladin) dkk, jumpa dengan Bastian di kereta yang membawa mereka ke Jakarta. Bastian bermaksud memenuhi panggilan lamaran kerjanya, sedang Ade dkk pulang dari bepergian.

Ternyata Bastian bekerja pada kantor ayah Ade, Sunarya (Kusno Sudjarwadi). Tumbuhlah cinta di antara mereka. Dua halangan muncul. Pertama, Johny anak Suyudi (Aedy Moward), rekan Sunarya, baru pulang dari Jerman dan diharap jadi menantu oleh Ny. Sunarya. Johny ini terpesona oleh kecantikan Ade, dan berusaha keras mendekat, tapi Ade selalu menolak, bahkan ketika lamaran resmi datang.

Kedua, ke kantor Sunarya datang seseorang yang mengaku bekas mertua Bastian. Dibeberkannya bahwa Bastian membunuh Siska (Norma Muchsin), anaknya dan untuk itu dipenjara empat tahun. Sunarya dan istri yang sudah merasa cocok dengan Bastian berbalik sikap. Mendengar berita itu, Ade lalu bersikap pasrah, apalagi Bastian menghilang hanya dengan meninggalkan sepucuk surat.

Bastian kembali menekuni pekerjaan bertani bunga membantu orangtua angkatnya, Suhada (Alam Surawidjaja). Pada waktu mengirim bunga ke Jakarta, kebetulan ia jumpa lagi dengan Ade dan calon suaminya Johny. Maka meradanglah Bastian. Ia tidak rela Ade dikawini Johny. Kepada Herman yang ditolongnya waktu terpaksa kawin karena Irma hamil, Bastian menceritakan kejadian saat istrinya terbunuh olehnya secara tak sengaja. Dan biang keladinya adalah Johny yang ingin menggagahi Siska. Irma diminta memberikan suratnya pada Ade.

Setelah membaca surat tersebut Ade melarikan diri di hari pernikahannya dengan Johny. Mendengar berita larinya Ade, Johny mengambil pistol kawannya dan mengejar Bastian. yang ternyata langsung ke penghulu dan menikah. Terjadilah perkelahian yang menewaskan Herman dan Johny.

 

Produser Hatoek Soebroto, Wiryo Wibowo, Sevihara Soedjarwo
Sutradara Teguh Karya
Penulis Teguh Karya, Usman Effendy
Pemeran Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Norma Muchsin, Robby Sugara, Alam Surawidjaja, Soultan Saladin, Nani Widjaja, Henky Solaiman, A Khalik Noor Nasution, Ully Artha, Aedy Moward, N Riantiarno, Sari Narulita, Ardi HS, Habibah, Kusno Sudjarwadi