Cinta Dari Wamena, Perfilman

Cinta Dari Wamena merupakan judul Film yang di prakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bekerjasama dengan Pemerintah Australia melalui program AusAid dan Ford Foundation. Dalam rangka memberikan alternatif pemahaman masyarakat terhadap HIV/AIDS. Film berdurasi 90 menit ini, di produksi oleh Tanakhir Films. Rilis pada 13 Juni 2013.

Pengambilan gambar film ini, dilakukan di Kota Wamena. Bercerita tentang persahabatan dan cinta, dengan latar belakang kehidupan remaja Papua dan alam Papua yang indah.

Dikisahkan, tiga sahabat Litius (Maximus Itlay), Tembi (Benyamin Lagowan) dan Martha (Madonna Marrey) tinggal di kota kecil di Papua. Selepas Sekolah Menengah Pertama, mereka bermimpi untuk bisa terus sekolah, demi mengejar impian masing-masing.

Tekad tersebut membawa ketiganya menuju Wamena untuk mengikuti program sekolah gratis. Dari sanalah mereka memulai mimpi tersebut. Namun dari sana pula, mimpi itu berbagi dengan kejamnya kehidupan dewasa yang lamat-lamat mengaburkan mimpi kecil mereka.

Di kota ini, persahabatan dan impian mereka diuji oleh gaya hidup permisif, dan wabah AIDS yang melanda remaja Papua. Perjalanan hidup mereka pun membawa mereka ke arah dan tempat yang berbeda, mulai dari Papua sampai Jakarta, di mana pertemuan dengan seorang musisi (Nicholas Saputra) membuat Litius mencari lagi persahabatan yang hilang.

 

Produser Mandy Marahimin, Ronald Gunawan, Hironimus Hilapok
Sutradara Lasja Fauzia Susatyo
Penulis Sinar Ayu Massie
Pemeran Maximus Itlay, Madonna Marrey, Benyamin Lagowan, Amyra Jessica, Nicholas Saputra, Susan Bachtiar