Cilangkap, Kampung

Cilangkap merupakan sebuah kelurahan yang ada di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Sebelah utara kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Setu, sebelah barat degan Kelurahan Cipayung, sebelah timur dengan Kelurahan Pondok Rangon, dan sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Munjul. Nama tempat ini cukup terkenal di Ibu Kota karena di sana terdapat Markas Besar Tentara Nasional alias Mabes TNI. Di tempat ini pula terdapat Monumen Perjuangan Kemerdekaan. Monumen ini dibangun dengan tujuan sebagai wujud penghargaan kepada para pejuang dan pembela kemerdekaan.

Asal usul nama Cilangkap diberikan karena pada dahulu di masa Hindia Belanda berkuasa, banyak orang dari desa Cilangkap bermukim di sana. Batavia memang tempat hidup suku-suku dari pelosok tanah Air. Mereka tinggal, menetap dan punya keturunan hingga membentuk suatu komunitas orang-orang asal Cilangkap. Akhirnya nama kawasan tersebut disebut Cilangkap, sebagaimana tempat lain di Ibu Kota yaitu Kuningan di Jakarta Selatan, Sukabumi di Jakarta Barat, dan Sukapura di Jakarta Utara.

Kini Cilangkap sudah berubah menjadi kawasan yang modern. Banyak perumahan mewah, pertokoan, serta pusat perbelanjaan berdiri di sana.