Casablanka, Kampung

Casablanka merupakan salah satu tempat di wilayah Jakarta Selatan. Tempat ini menjadi terkenal karena terowongannya yang menyimpan misteri dan sudah diangkat ke layar lebar. Terowongan Casablanka terletak di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, yakni di jalur Jatinegara menuju Sudirman, atau sebaliknya. Dulunya, menurut kabar, saat di lokasi itu belum dibangun jalan, tanah tersebut merupakan lahan untuk kuburan massal. Kemudian, pemerintah memindahkan kuburan itu untuk dibangun jalan raya. Saat proses pemindahan, dikabarkan ada satu jenazah yang bentuknya masih utuh.

Setelahnya, banyak kejadian-kejadian yang dianggap aneh kala jalan, bahkan terowongan, sudah berdiri. Memang jika kita melintas di terowongan itu, ada rasa ganjil. Terowongan terkesan sangat lembap. Lembapnya berbeda dengan suasana di terowongan lain. Mungkin saja rasa itu berasal dari sugesti-sugesti dari cerita yang beredar.

 

Pemakaman Eveveld Menteng Pulo

Sumber: https://travel.detik.com

Di balik gedung-gedung yang berdiri di Casablanka, tersembunyi komplek pemakaman Ereveld Menteng Pulo. Selain indah, pemakaman ini menyimpan kisah dan pesan kemanusiaan. Ereveld Menteng Pulo yang berdiri sejak tahun 1946. Di pemakaman ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Makam berbentuk salib untuk orang Belanda, makam kayu dengan tonjolan tiga untuk orang muslim, makam berbentuk bulat untuk orang Buddha dan bintang segi enam untuk orang Yahudi. Selain itu, di sini dapat dijumpai juga makam dari pihak tentara persemakmuran Inggris (Amerika, Kanada, Inggris, Australia) yang berdampingan dengan Ereveld Menteng Pulo. Seluruhnya merupakan korban dari pihak militer.

 

Mal Kota Kasablanka

Sumber: https://www.kotakasablanka.co.id/

Tidak hanya pemakaman yang menjadi tempat ikonik Casablanka, di tempat ini juga terdapat pusat perbelanjaan yang besar yakni, Mal Kota Kasablanka. Pembangunan Mal ini menghabiskan dana lebih dari dua triliun rupiah. Mal ini menampilkan suasana berbeda dengan Mal lain, karena mengikuti konsep Maroko. Suasana Maroko juga begitu terasa saat masuk sentra kuliner yang berada di lantai dua. Dengan suasana yang cukup santai, pengunjung seperti dimanjakan jika berkunjung ke Mal Kota Kasablanka.