Busworld South East Asia, Pameran

Busworld adalah pameran B2B terbesar di sunia uantuk industri bus, pameran bus, minibus, suku cadang, komponen, suku cadang, dan layanan perbaikan bus. Pertama kali pameran tentang bus berlangsung di kota Kortrjik, Belgia pada tahun 1971. Pada tahun 2019, pihak Busworld Internasional memilih Indonesia sebagai negara yang dapat menyukseskan Busworld karena (1) Indonesia memiliki jumlah populasi sebayanyak 260 juta orang (40% dari populasi ASEAN yang tersebar di 34 provinsi dengan jumlah kabupaten mencapai 415 kota), dengan hal tersebut maka semakin banyaknya jumlah populasi manusia maka akan meningkat konsumsi transportasi. (2) Kementrian Perhubungan Indonesia memiliki rencana pengadaan 3.000 bus baru untuk sistem Bus Rapid Transit (BRT) pada 34 provinsi di tahun 2019. (3) Pengadaan 200 unit bus baru akan dibuka pada tahun 2019. (4) Indonesia mempunyai terget untuk pengunjung destinasi wisata baru.

Pameran ini merupakan industri eksklusif dan menjadi peluang untuk membuka jaringan, bertukar informasi, serta meluncurkan produk baru dengan promosi yang menarik. Produk baru tersebut juga menjaring lebih banyak perusahaan bus dan kereta. Pameran Busworld South East Asia 2019 didukung oleh Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO).

Pameran Busworld South East 2019 sendiri bertujuan untuk memperluas hubungan bisnis di dalam industri bus, coach, karoseri, dan pendukungnya di negara-negara ASEAN. Pada Busworld South Asia 2019 panitia tidak hanya memamerkan produk industri bus dan kereta, namun juga menyiapkan forum yang memberikan pengetahuan bersama Busworld Academy dan mengundang para pakar Indonesia maupun mancanegara untuk membahas bus safety, production, operational, dan new technology kepada peserta forum dan pengunjung yang datang.