Bung Karno Gbk Jakarta, Patung

Patung Bung Karno GBK Jakarta adalah patung Presiden RI pertama, Ir. Soekarno atau Bung Karno yang terdapat di komplek olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Patung setinggi 8 meter ini dibuat khusus untuk menyambut pagelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Patung ini berlokasi di Plaza Silang Tenggara (dekat pintu 5) sejajar dengan ramp menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Patung tersebut menampilkan sosok Bung Karno dengan baju khas kantongnya dan tangan kirinya tampak sedang memegang jaket atau mantel. Pada bagian bawah patung terdapat lambang Garuda Pancasila disertai tulisan "IR. SOEKARNO, PRESIDEN PERTAMA INDONESIA". Tepat di bawah tulisan tersebut terdapat tulisan yang menjelaskan lama masa pemerintahannya dan keterangan lahir dan wafatnya Sang Proklamator. Selain itu turut ditampilkan tulisan yang merupakan potongan pidato Bung Karno saat pembukaan Asian Games IV tahun 1962 yakni "Asian Games Bukan Hanya Terbatas Pertandingan Olahraga, Tetapi Juga Mengusung Harga Diri Bangsa"....  Ever Onward Never Retreat, Merdeka !!!

Presiden Joko Widodo pernah mengunjungi patung ini pada hari Senin, 25 Juni 2018 saat tengah meninjau persiapan GBK dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Dalam kunjungannya tersebut Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Ketua INASGOC Erick Thohir.