Bulungan, Kampung

Bulungan merupakan salah satu nama tempat di wilayah Jakarta Selatan. Tempat tersebut menjadi salah satu kawasan favorit bagi anak muda atau pekerja kantoran yang sering disinggahi pada saat malam hari. Lokasinya yang dekat pusat perkantoran membuat kawasan Bulungan jadi tempat strategis untuk menghabiskan waktu sepulang bekerja. Di kawasan tersebut juga terdapat Sekolah Menengah Atas yang terkenal di Jakarta, yakni SMAN 6 dan SMAN 70. Selain itu, di Bulungan juga terdapat Gelanggang Olah Raga Bulungan yang cukup aktif menggelar kegiatan olah raga dan pentas seni.

Di kawasan ini terdapat destinasi kuliner yang cukup terkenal, seperti Ayam Bakar Ghantari dan Gultik atau yang dikenal sebagai Gulai Tikungan. Kuliner di kawasan ini ada sejak tahun 1994. Di kawasan ini terdapat kurang lebih 20 penjual gulai yang berderet mangkal di tikungan.

Nama Bulungan sendiri berasal dari kata bulu tengon (bahasa Bulungan, Kaltim), yang artinya bambo betulan. Ada yang menduga bahwa tempat itu dahulunya banyak tumbuh pohon-pohon bambu. Karena adanya perubahan dialek bahasa Melayu, maka berubahlah menjadi Bulungan. Kata Bulungan sendiri juga menunjuk pada nama Kabupaten atau Kesultanan Bulungan yang berdiri pada tahun 1731 di Kalimantan Timur. Tidak diketahui secara pasti, apakah orang-orang dari Kerajaan Bulungan pernah datang ke kota Batavia pada masa lampau. Atau orang-orang dari kabupaten tersebut pernah bermukim di kawasan selatan Jakarta itu.