Brigjen Tni (purn) Abdul Syukur, Tokoh

 

Abdul Syukur tercatat sebagai dokter militer. Pendidikan dokternya diambil di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).  Tidak hanya itu, Putra Betawi yang jago ngaji dan sukses di dunia militer ada pada diri Abdul Syukur. Lahir di Jakarta, 21 April 1941, Abdul Syukur dikenal sebagai khatib dan penceramah andal. Ceramahnya sejuk dan menentramkan hati pendengarnya. Karier Militer yang pernah dijabat antara lain KaKesdim 1105, Ka Rumkit Dam XI/TB, Asnis Ka Cakespreu Jaukesad, Ka Pusrehabcat Dephankam.

Pendidikan militer yang diikuti adalah Suspepa, Suslapa, Susjamen dan Pendidikan Luar Negeri School of Public Health University of Hawaii USA, Henry Dunant Istitute, Geneva, Swiss. Dikenal sebagai putra Betawi, Syukur banyak memperjuangkan kepentingan Betawi di Jakarta. Dia menjadi salah satu tokoh yang ngotot Jakarta dipimpin orang Betawi pada Pilkada DKI 2002.

Meski kebijakan politik partai dan presiden mengarah bukan pada orang Betawi, ia tetap saja bertahan bahkan ikut demonstrasi di depan DPRD DKI Jakarta untuk meneriakan hak-hak moral dan politik kaum Betawi untuk menjadi tuan di kampungnya sendiri.