Breakdance, Seni Tari

Breakdance adalah sebuah tarian modern yang mengandung unsur akrobat dan senam,  dipadu sedemikian rupa hingga menghasilkan aneka gerakan tubuh yang rumit, dimana tak sembarang orang bisa melakukannya dengan baik karena sangat beresiko jika gerakannya gagal. Musik pengiringnya juga khusus, yakni aliran musik hip hop dengan beat  (irama) yang patah-patah sehingga disebut break beat. Jenis musik ini diciptakan oleh seorang dj (disc jockey) bernama Koll Herc, yang menjadikan musik break beat sebagai sumber inspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Breaker, Breakdancer, B-boy (break boy), dan B-girl (break girl) adalah sebutan bagi para pelaku breakdance.

Breakdance  muncul di tahun tujuh puluh, di wilayah kumuh, semrawut, dan miskin, di kawasan Bronx Selatan, New York, Amerika Serikat. Namun sebenarnya cikal bakal breakdance dibawa oleh orang-orang Afrika yang dahulu menjadi budak di Amerika. Tarian ini mengisi jalanan New York sejak awal 1970-an, yang kemudian  menggantikan pola kerusuhan fisik antar geng yang sering terjadi di pemukiman Negro. Anak-anak muda di wilayah tersebut membentuk kelompok-kelompok breakdance, mengadu kebolehan dengan aneka gerakan yang cukup sulit, dan tidak lagi asal berkelahi fisik. Kegandrungan anak muda Afrika-Amerika dan Puerto Rico ini kemudian berkembang hingga ke Los Angeles dan akhirnya menjadi populer di seluruh dunia. Tayangan televisi juga mempunyai peran yang tidak kecil dalam mempopulerkan breakdance hingga tersebar ke Amerika Latin, Eropa, dan Asia.

Tahun 1980 terjadi demam breakdance, dimana anak-anak muda (laki-laki dan perempuan) berlatih skill gerakan breakdance agar tidak kalah bersaing dengan breaker lainnya. Saat itu kelincahan membawakan gerakan breakdance, terlebih yang sulit dan beresiko cedera, sempat menjadi tolok ukur seseorang mendapat julukan “keren” atau “cool” menurut bahasa anak muda sekarang. Pada masa demam breakdance, jalanan-jalanan di Amerika sudah seperti catwalk bagi para peragawati/peragawan. Hampir setiap malam di beberapa bagian kota terdapat komunitas breakdance saling unjuk kebolehan, dan tidak sedikit yang berujung pada keributan. Tidak hanya di jalan-jalan saja tarian ini ditemukan, di club dan party pun para breaker unjuk kebolehan. Mereka berkompetisi dengan gaya mirip freestyle yang biasa ditemukan pada musik hip hop. Bagi mereka breakdance bukan hanya sekedar cara mengekspresikan diri, melainkan sudah menjadi trend dan passion tersendiri bagi penggemarnya.

Gerakan breakdance terdiri dari senam dan akrobat yang di antaranya menggabungkan unsur-unsur gerakan robot, kungfu, dan pantomim. Michael Jackson adalah orang yang sangat menginspirasi para breakers karena memperkenalkan gerakan robot dalam setiap penampilannya. Ia selalu memunculkan gerakan-gerakan baru dalam penampilannya. Tariannya bak virus, membuat orang penasaran dan berusaha meniru gerakannya. Salah satu gerakan yang melegenda adalah moon walk. Ragam gerak breakdance terbagi dalam tiga kategori gerakan dasar, yaitu: (1) Electric boogie.  Gerakan tarinya seperti orang yang terkena sengatan listrik. Termasuk dalam gerakan ini antara lain ticking, wave (gelombang), moon walk (gaya berjalan di bulan); (2) Breaking.  Gerakan akrobatik yang menuntut kelenturan tubuh, otot-otot lengan dan kaki harus cukup kuat untuk menahan berat tubuh. Gerakan breaking yang populer adalah berputar dengan tumpuan atau sumbu punggung dengan kedua tangan dan kaki ditekan mendekat ke bagian perut breaker. Termasuk dalam gerakan ini adalah headspin (berputar bertumpu pada kepala), handglide dengan sumbu gerak salah satu tangan, kura-kura atau memutar tubuh dengan tumpuan kedua tangan dan beberapa gerakan lain; serta (3) Up-rock. Gerakan tubuh yang menggambarkan adegan duel (hanya pura-pura), seperti memukul, meloncat, menyerang, mengelak, dan menendang.

Tahun delapan puluhan demam breakdance juga melanda Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta. Sayangnya penguasa masa itu tak terlalu menyukai anak-anak muda yang ‘jejingkrakan’ seperti orang kesurupan di tengah keramaian.  Tempat-tempat umum yang terbuka memang menjadi sasaran pertunjukan keahlian para breaker sebagaimana di tempat asalnya, Bronx, New York. Fenomena breakdance sendiri baru disadari banyak pihak saat terjadi kericuhan dalam acara "Festival Breakdance", 13 Desember 1984 di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Puluhan ribu remaja membuat keributan karena tidak puas pada acara itu. Kegiatan ini juga memperlihatkan bahwa penggemar breakdance adalah anak-anak muda dalam kisaran usia 11 sampai 21 tahun. Saat ditanya bagaimana mereka mengenal breakdance, jawabannya adalah media televisi. Breakdance kemudian memunculkan pro dan kontra. Orang tua umumnya memandang breakdance sebagai bentuk dekadensi moral remaja. Para breaker’s dituding mengkonsumsi narkoba atau minuman keras saat melakukan breakdance. Semua konotasi negatif ditujukan pada breakdance bahkan dianggap sebagai kegiatan yang tidak terpuji, dan pelakunya dicap berandalan. Penggunaan nama breakdance juga dilarang dan diganti dengan “tari kejang” yang justru terdengar aneh. Julukan lainnya adalah dansa kesurupan dan tari robot.

Namun demikian, pemerintah terutama di DKI Jakarta kemudian sadar bahwa tidak ada gunanya melarang sesuatu yang memang sedang trend. Di antara mereka merasa yakin bahwa suatu saat trend tari kejang akan menghilang dengan sendirinya. Breakdance kemudian malah diberi tempat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) pun mengundang para breaker memperlihatkan keahlian mereka untuk mengetahui apakah mereka berkegiatan sambil mabuk atau tidak. Trend breakdance akhirnya juga merambah perfilman, dan menggoda para penggiatnya untuk mengadopsi film-film Hollywood tahun 1980-an bertema dansa dan tari tetapi dengan cita rasa lokal, seperti Tari Kejang I dan Tari Kejang II, serta Gejolak Kawula Muda. Menjelang akhir delapan puluhan demam breakdance pun menghilang, dan  kembali muncul setelah tahun 2010 namun tak seheboh sebelumnya. Breakdance sebenarnya juga sempat dilarang oleh pemerintah Amerika, tetapi belum lama ini justru direncanakan untuk masuk dalam salah satu cabang olahraga olimpiade. Gerakan breakdance memang mengandung unsur olahraga di dalamnya seperti senam dan kungfu.