Brandal – Brandal Ciliwung, Perfilman

Brandal – Brandal Ciliwung, merupakan judul film genre Anak-Anak, yang di produksi oleh Maxima Pictures. Dengan durasi 111 menit, dan rilis pada 15 Agustus 2012.

Film yang di adaptasi dari Novel Klasik karya Achmad MS ini, mengisahkan tentang Lima sahabat yang tinggal di tepi Kali Ciliwung, yaitu Tirto yang orang Jawa asli, Timur (Julian Liberty) anak Papua, Umar (Sehan Zack) anak keturunan Arab, Raja (M. Syafikar) anak keluarga Batak, serta pemimpin mereka bernama Jaka (Endy Arfian) anak Betawi asli yang justru berwajah sangat bule, seperti ibunya (Ira Wibowo). Walau berbeda mereka selalu bersama dan menamakan diri Pasukan Ciliwung.

Ditengah kenakalan-kenakalannya, Pasukan Ciliwung justru rajin bergotong-royong membersihkan Kali. Namun di mata Wak Haji, mereka dianggap anak-anak brandal yang selalu membuat onar.  Padahal yang suka membuat onar adalah Adam dan kawan-kawan. Geng anak-anak orang kaya yang tinggal di seberang Kali Ciliwung.

Adam dan kawan-kawan menganggap Pasukan Ciliwung sebagai musuh yang harus dikalahkan dalam setiap pertandingan. Mulai dari pertandingan bola kasti, balap renang hingga lomba getek.

Namun konflik mulai terjadi diantara anggota Pasukan Ciliwung, ketika seorang gadis tomboy bernama Sissy (Gritte Agatha) masuk ke dalam kehidupan mereka. Sissy yang dalam usaha melarikan diri dari sang ibu (Olga Lydia), menyambangi engkongnya, Babah Alun (Hengky Soelaiman). Seorang pemilik pabrik tahu di Lingkungan mereka.

Padahal mereka harus bersiap-siap bertanding menghadapi geng lawan di Festival Getek yang akan dilangsungkan di Kali Ciliwung.

 

Produser Ody Mulya Hidayat
Sutradara Guntur Soeharjanto
Penulis Alim Sudio, Achmad MS
Pemeran Idrus Madani, Endy Arfian, Gritte Agatha, Julian Liberty, Sehan Zack, Aldy Rialdy Indrawan, M Syafikar, Hengky Soelaiman, Lukman Sardi, Olga Lydia, Ira Wibowo