Blok M, Kampung

Blok M merupakan sebuah kawasan yang terkenal di Jakarta. Kawasan ini merupakan salah satu pusat bisnis dan perbelanjaan di Jakarta Selatan. Blok M berbatasan dengan Jalan Iskandarsyah di sebelah timur, sebelah barat dengan Jalan Bulungan, sebelah utara dengan Jalan Falatehan, dan sebelah selatan dengan Jalan Melawai.

Pada tahun 1980-an, kawasan ini merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda Jakarta. Sejak dahulu sudah banyak pertokoan dan pusat perbelanjaan yang berdiri di sini seperti, Pasaraya, Pasar Melawai, Blok M Mal, dan Pasar Mayestik. Tidak hanya itu, Aldiron Plaza yang kini sudah berganti nama menjadi Blok M Square juga menjadi tempat ngeceng  anak-anak gaul Ibu Kota. Saat ini, kawasan Blok M sudah semakin ramai dengan banyak berdirinya coffee shop, restoran, café, dan pertokoan khas Jepang yang dikenal dengan Little Tokyo. Sore hingga malam hari, kawasan ini banyak dipenuhi anak-anak muda Ibu Kota untuk menghabiskan waktu mereka. Hal tersebut juga masih dilakukan hingga saat ini.

Blok M sendiri merupakan kawasan yang dirancang oleh Belanda yang ingin membuat kawasan pemukiman dengan konsep taman. Sejak saat itu dibuatlah Blok A hingga Blok S. Pembangunan kawasan Blok M dan Kebayoran Baru merupakan awal rencana pemerintah menyediakan fasilitas perkotaan yang terencana dan terpadu setelah Belanda meninggalkan Indonesia. Sebelum dilakukan pembangunan, kawasan ini terdiri dari rawa-rawa, belukar, dan pepohonan. Kawasan ini semakin dikenal karena pada tahun 1962 Indonesia menyenggarakan Asian Games yang pertama. Para atlet maupun penonton Asian Games yang berasal dari berbagai negara kerap kali menghabiskan waktu mereka di kawasan Blok M.