Bidadari – Bidadari Surga, Perfilman

Bidadari – Bidadari Surga merupakan judul film Drama Indonesia, yang di Produksi oleh Starvision. Film berdurasi 110 menit ini, rilis pada 6 Desember 2012.

Film ini di adaptasi dari Novel Tere Liye yang berjudul sama, yang telah mendapatkan berbagai penghargaan baik Nasional maupun Internasional.

Menceritakan tentang pengorbanan dan ketegaran seorang kakak bernama Laisa (Nirina Zubir), dalam menjalani hidup di tengah kesusahan serta penghinaan yang di alaminya. Ia rela melakukan apapun demi keberhasilan keempat adiknya. Yakni, Dalimunte (Nino Fernandez), Ikanuri (Adam Zidni), Wibisana (Frans Nicholas), dan Yasienta (Nadine Chandrawinata) dengan alur maju mundur.

Cerita dimulai dengan kehidupan masa anak-anak  Dalimunte (Rizky Julio), Ikanuri (Michael Adam), Wibisana  (Saddam Basalamah) dan Yasienta (Chantiq Schagerl) di Lembah Lahambai yang sangat sederhana, namun tidak kekurangan kasih sayang sedikitpun dari kakaknya Laisa dan sang Mamak (Henidar Amroe). 

Sebagai anak tertua dari lima bersaudara, Laisa harus merawat ibu dan adik-adiknya. Walau dengan keadaan seadanya dan fisik tak terlalu sempurna, Laisa membawa perubahan bagi keluarganya dan warga kampungnya. Mereka semua bekerja keras, mulai dari menyadap karet di hutan, mengambil kayu, menganyam topi pesanan dll. Laisa  juga berhasil mengubah ladang mereka menjadi perkebunan Stroberi.

Ketika Dalimunthe harus menikah melangkahi Laisa, Dalimunthe merasa sangat bersalah. Dalimunthe dan semua orang sibuk menjodohkan Laisa tanpa memikirkan perasaan Laisa yang sakit setiap kali perjodohan itu gagal.

Dharma, salah satu teman Dalimunthe yang membuat perasaan Laisa tak karuan, kenyataannya masih beristri. Istri Dharma yang tidak bisa memberikan keturunan merelakan Dharma menikah lagi.

Hari pernikahan pun mulai disiapkan. Namun, menjelang hari bahagia itu tiba, Dharma mendapat kabar bahwa istrinya hamil. Kabar yang membahagiakan bagi Dharma tapi meruntuhkan semua harapan Laisa. Laisa merasa dibohongi. Dharma minta maaf bila dia telah menyakiti hati Laisa.

Laisa hanya bisa meratapi nasib, namun tak larut dalam kesedihan. Ia pun kemudian, kembali menyibukkan diri di perkebunannya, berusaha tampil seperti tak ada apa-apa. Dan akhirnya diketahui bahwa Laisa mengidap sakit kanker paru-paru.

 

Produser Chand Parwez Servia, Fiaz Servia

Sutradara Sony Gaokasak

Penulis Sony Gaokasak, Dewi Raka, Tere Liye

Pemain Nirina Zubir, Nino Fernandez, Nadine Chandrawinata, Henidar Amroe, Rizky Hanggono, Chantiq Schagerl, Mike Lewis, Eriska Raenisa, Adam Zidni, Frans Nicholas, Astri Nurdin, Gary Iskak, Rizky Julio, Billy Boedjanger, Piet Pagau, Joe P Project, Michael Adam, Saddam Basalamah