BENTENG, PERMAINAN

Jenis olahraga tradisional Betawi. Lapangan permainan berbentuk segi empat dengan panjang 25-50 meter, lebar 5-25 meter. Selain itu diperlukan peralatan lain berupa dua tiang dari kayu yang ditancapkan di sebuah lingkaran dengan jari-jari, 80 meter. Tiang itu diberi bendera dengan warna berlainan. 

Peserta permainan terdiri atas kelompok atau regu, baik putra maupun putri. Setiap regu terdiri atas 5, 0 sampai 5 orang. Cara bermain: tiap regu berusaha menduduki benteng lawan yang digambarkan dengan tiang bendera, yaitu dengan jalan memancing lawan agar keluar dari benteng untuk mengejar mereka. Orang dikejar tidak boleh dititip (dikenai). Saat mereka dikejar, kawannya membantu dengan mengejar orang yang sedang mengejar kawannya. Jika kena tangkap maka ia ditawan. 

Apabila banyak musuh yang ditawan, dengan sendirinya, mudahlah menduduki benteng lawan. Orang yang ditawan bisa dibebaskan oleh kawannya dengan jalan menyentuh salah seorang temannya yang ditawan itu. Apabila semua tawanan itu bergandengan, maka semua tawanan terbebaskan. Pemenang adalah regu yang paling banyak anggotanya menduduki benteng lawan.