Bendungan Hilir, Kampung

Bendungan Hilir merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kelurahan ini ini berbatasan dengan Rel Kereta Api  dan Kelurahan Petamburan di sebelah utara, sebelah barat berbatasan dengan Jalan Jenderal Gatot Subroto dan Kelurahan Gelora, sebelah timur  berbatasan dengan Kali Krukut, Kali Malang dan Kelurahan Kebon Melati, serta sebelah selatan berbatasan dengan Jalan Jenderal Sudirman dan Kelurahan Karet Semanggi Jakarta Selatan. Kawasan ini sering kali disebut dengan Benhil.

Bendungan Hilir atau Benhil merupakan kawasan yang terkenal dengan tempat jajan atau wisata kuliner warga Ibu Kota. Pada bulan Ramadhan pun, kawasan ini dipenuhi pedagang takjil dengan penuh varian, mulai dari makanan ringan seperti kue-kue hingga makanan berat seperti lauk pauk. Makanan yang dijual pun merupakan makanan-makanan khas daerah seperti bubur candil, lemang, pempek, laksa, hingga gudeg. Maka tak heran jika kawasan ini seringkali diserbu oleh masyarakat untuk mencari makanan.

Nama Bendungan Hilir terbentuk dari dua kata yakni Bendungan dan Hilir, karena pada masa lampau kota Batavia terdapat banyak sungai atau kali dan kanal-kanal. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, bendungan-bendungan atau dam dibangun seperti bentuk bendungan di negara asal mereka.

Bendungan dibuat untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau. Air waduk tersebut biasa digunakan oleh masyarakat, terutama pada musim kemarau. Bendungan yang dibuat terletak di barat, timur, selatan, maupun di utara atau hilir. Adapun bendungan yang terdapat di wilayah Kecamatan Tanah Abang itu letaknya di hilir, atau orang Betawi menyebutnya milir, sehingga disebut bendungan hilir, yang akhirnya menjadi nama resmi kawasan itu.