Basri Baco, S.e.,m.m..tokoh

Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco   ditunjuk oleh partai menjadi ketua fraksi Golkar DKI di DPRD DKI Jakarta.  Basri menjelaskan ada sejumlah kriteria yang membuatnya mendapatkan posisi ketua fraksi. Pertama, dalam struktur partai ia menjadi anggota fraksi Golkar dengan jabatan tertinggi. Meski menjadi Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta, ia bisa jadi kader dengan posisi tertinggi di fraksi Golkar karena posisi ketua dan wakil ketua Golkar tidak masuk ke Kebon Sirih. Selain itu suara Basri  paling tinggi di antara anggota dewan Golkar lainnya. Basri diketahui meraih 12.036 suara di dapil Jakarta Pusat 1 meliputi Kecamatan Gambir, Kecamatan Sawah Besar, Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Senen, Kecamatan Cempaka Putih, Kecamatan Menteng, Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Johar Baru. Ia berada di dapil yang sama dengan sejumlah tokoh seperti politikus PDI Perjuangan Prasetyo Edi Marsudi, serta Iman Satria dari Gerindra .

Pria kelahiran Ujungpandang, 3 Maret 1975  ini mengungkapkan pada periode 2019-2024 fraksinya akan membuka posko pengaduan di kantor fraksi olkar di lantai empat gedung DPRD DKI Jakarta.  Sejumlah program kerja pun langsung dirumuskan politisi muda Golkar ini,  diantaranya adalah mengoptimalkan budaya piket untuk semua anggota fraksi untuk menerima keluhan warga.

Dikatakan Baco, bahwa dirinya bersama lima anggota terpilih lainnya akan membuat sistem dan budaya baru di Fraksi Golkar DKI Jakarta selama 5 tahun ke depan. Dengan  Pemberlakuan wajb piket  dilakukan semua anggota Fraksi Golkar dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Dirinya memastikan, setiap laporan yang diterima akan ditindak lanjuti ke dinas-dinas terkait. Menariknya, lanjut Baco, nantinya warga yang melapor akan ditemui langsung oleh anggota yang piket. Kantor Fraksi Golkar akan menjadi rumah rakyat, sehingga anggota fraksi Golkar Jakarta dapat langsung ditemui.

Terkait mekanismenya, baco mengatakan setiap paginya enam anggota Fraksi Golkar akan bergantian menjadi petugas piket untuk menerima laporan warga. Sesuai hasil Pileg 2019, Partai Golkar berhasil menempatkan 6 kadernya untuk duduk sebagai wakil rakyat Jakarta. Mereka adalah Basri Baco, Dimaz Raditya, Judistira Hermawan, Taufik Azhar, Jamaludin dan Khotibi Achyar.

Nama                         : Basri Baco, SE., MM

Tempat/tgl. Lahir         : Ujungpandang, 3 Maret 1975

Agama                        : Islam

Istri                            : Rika Dwi Hapsari, STP

Anak:

  1. Fachriza Pradana Putra Baco
  2. Syavila Zahra Putri Baco
  3. Cahaya Ramadhanthi Syalbeby Putri Baco

 

Pengalaman organisasi:

  • Presiden Mahasiswa Universitas Sahid (1999-2000).
  • Ketua Ikatan Alumni Sahid (2001-2004).
  • Wakasekjend DPP Ampi (2014).
  • Wakasekjend DPP Ormas MKGR (2014).
  • Ketua DPD Ormas MKGR DKI (2016-2021).
  • Plt. Ketua Golkar Jakarta Pusat (2018).
  • Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta (2016-2021).