Bangunan Eks Hero / Giant Mampang Jakarta Selatan, Bangunan Umum

Bangunan eks Hero / Giant Express Mampang ini terletak di Jl. Mampang Prapatan Raya No. 20, Jakarta Selatan 12790. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an dan awalnya dikenal sebagai bangunan Hero Mampang karena digunakan oleh pasar swalayan modern Hero Supermarket. Hingga awal tahun 1990-an, Hero Mampang beroperasi hingga pukul 22.30 - 23.00 WIB, namun mulai pertengahan tahun 1990-an waktu operasionalnya berubah dan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB. Pada saat terjadinya kerusuhan Mei 1998, bangunan ini selamat dari aksi pembakaran namun sempat mengalami penjarahan. 

 Seiring dengan kebijakan yang diambil manajemen perusahaan, nama Hero kemudian berubah menjadi Giant. Sementara untuk cabang Mampang ini dinamakan menjadi Giant Express. Selain Giant Express, beberapa sudut dalam bangunan ini juga disewa oleh sejumlah tenant lain, diantaranya Dunkin Donuts dan restoran A & W. Letaknya yang strategis membuatnya pasar swalayan ini selalu ramai pengunjung, khususnya pada jam pulang kantor setiap harinya. 

Bangunan ini awalnya memiliki sejumlah pohon pada halaman depannya yang biasa digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung. Namun pohon-pohon tersebut kemudian dipotong pada saat pengerjaan proyek underpass Mampang - Kuningan untuk keperluan penataan kabel utilitas dan pembuatan saluran air. Bangunan eks Hero / Giant Express Mampang ini akhirnya hanya digunakan oleh restoran A&W setelah manajemen Giant memutuskan untuk menutup operasional Giant Express cabang Mampang yang berlaku efektif per tanggal 31 Juli 2019.