Bambu Apus, Kampung

Bambu Apus merupakan sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Kelurahan ini berbatasan langsung dengan Kelurahan Lubang Buaya di sebelah utara, kelurahan Ceger di sebelah barat, Kelurahan Setu di sebelah timur, serta Kelurahan Cipayung di sebelah selatan.

Dahulu kala, di kawasan ini banyak tumbuh jenis pohon bambu yang diberi nama Bambu Apus. Pohon bambu tersebut memiliki ciri-ciri berbatang lurus, tidak berduri dan memiliki daun yang agak besar. Jenis bambu yang ada bersal dari sebuah dusun di Madura, Jawa Timur yakni Dusun Daje Songai. Dusun Daje Songai sendiri merupakan daerah tempat pemakaman para wali. Bambu tersebut dapat tiba di kawasan Kecamatan Cipayung karena dibawa oleh seorang Kakek yang merupakan keturunan Raja Sumenep. Kakek tersebut bernama Kakek Setir. Kakek Setir menancapkan tusuk gigi yang berasal dari bambu tersebut di kawasan ini.

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa pohon bambu yang dapat hidup ratusan tahun memiiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara menyelupkan ranting bambu ke dalam air dan meminum air tesebut. Kisah tersebut lah yang membuat orang-orang memberi nama Bambu Apus untuk kawasan ini.

Saat ini di kawasan Bambu Apus sudah tidak ditemui jenis bambu tersebut dan tidak ada lagi orang-orang yang mengkramatkan pohon-pohon bambu tersebut.