BAMBANG PAMUNGKAS

Bambang Pamungkas atau lebih akrab disapa Bepe merupakan pemain sepakbola profesional dan mantan pemain timnas Indonesia yang berposisi sebagai penyerang atau striker. Bepe lahir di Getas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 10 Juni 1980 dari pasangan H. Miranto dan Hj. Suriptinah.

 

Sebagian besar karir sepakbola profesional Bepe dihabiskan dengan bermain bersama klub Persija Jakarta. Klub lainnya yang pernah dibela Bepe adalah EHC Norad, Selangor FA dan Pelita Bandung Raya.  

 

Bepe merupakan salah satu striker pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Indonesia. Debut pertamanya bersama timnas adalah pada laga Estonia melawan Indonesia di Municipal Stadium Valga, Estonia dimana dirinya turut mencetak gol pada pertandingan yang berakhir imbang 2-2. Sejumlah prestasi Bepe bersama timnas Indonesia adalah Medali perunggu Sea Games 1999, Runner up Tiger Cup 2002, Runner up Merdeka Games 2006 dan 2009, Juara Piala Kemerdekaan 2009 dan Runner up Piala AFF 2010. Bepe pensiun dari timnas usai mengikuti ajang Piala AFF 2012.

 

Bepe menikah dengan Tribuana Tungga Dewi dan memiliki tiga orang anak, yakni Salsa Alicia, Jane Abel dan Syauna Abana.

 

Selain menjadi pesepakbola, Bepe juga merupakan model iklan sejumlah produk dan sering menjadi motivator maupun pembicara dalam sejumlah seminar. Bepe sudah menulis dua buah buku yang membahas khusus tentang sepakbola dan karirnya, yakni Bepe20 : Ketika Jemariku Menari dan Bepe20 : Pride.