BAHAN SENI LUKIS, SENI RUPA

Bahan/Media Lukis adalah bahan yang digunakan untuk membuat lukisan. Dengan mengetahui bahan/media lukis, akan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menghasilkan lukisan dengan mutu yang tinggi. Bukan hanya mutu yang baik dalam gambar lukisannya saja, melainkan bahan yang cocok untuk material lukisan. Jika tidak mengerti bahan lukisan, maka bisa jadi lukisan tidak akan bertahan lama, berjamur atau malah rusak total dalam beberapa tahun kedepan. Adapun bahan/media Lukis yang bisa di gunakan, yaitu:

1.Kertas, Kertas adalah media lukis yang memiliki daya serap yang tinggi. Tak berpoĊ•i-pori. Kertas sangat cocok untuk dilukis dengan cat air, pensil dan pastel. Perlu perhatian lebih saat melukis dengan kertas dan cat air, untuk mendapatkan warna yang cerah biasanya cat air dilarutkan tak terlalu kental.

2.Kanvas, adalah media lukis yang memiliki pori-pori yang telah ditutup cat dasar berwarna putih. Media ini lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak karena cat minyak butuh ketebalan dalam pewarnaan dan kadang butuh metode palet yang membutuhkan terknik kontruksi pada bidang lukisnya. Kanvas pada umumnya sudah memiliki frame yang berbentuk persegi dan ada pula yang masih berbentuk gulungan tanpa frame.

3.Media Digital, Lukisan dapat dibuat dengan menggunakan media digital seperti komputer bahkan telpon genggam.  Catatan yang perlu ditekankan mungkin adalah beberapa pelukis digital atau desainer yang unggul biasanya tetap menggunakan media tradisional/konvensional terlebih dahulu untuk memulai karya digitalnya. Sehingga karya digitalnya tampak lebih memanusia/crafted.  Kemudian, pengetahuan dasar mengenai algoritma pembentukan gambar pada media digital juga diperlukan. Misalnya raster/bitmap dan vektor, untuk mengetahui resolusi yang di butuhkan pada saat akan mencetak karya tersebut. Beberapa seniman menggunakan pemrograman visual untuk membuat berbagai bentuk, tekstur hingga warna unik dan hanya dapat dibuat melalui coding. Teknologi 3d printer juga membuka jalan baru untuk membuat karya tiga dimensi melalui media digital.

Selain itu Seni Lukis juga bisa menggunakan media lain, yaitu Kaca, Sutra, Dinding (mural), Papan Fiber, Papan Kayu, Kain tekstil, Lempengan logam, Kertas Cat Air/Aquarel,  Cardboard