BACHTIAR

Bachtiar merupakan salah satu seniman Betawi dan pendiri sanggar Si Pitung yang fokus dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional Betawi, khususnya silat Cingkrig dan tradisi buka palang pintu. Bachtiar lahir di Kampung Rawabelong, Jakarta pada tanggal 16 Maret 1971 dari pasangan H. Zakaria dan Hj. Romlah.

 

Sejak kecil Bachtiar gemar berlatih silat karena mengagumi kakeknya yang menjadi seorang petugas keamanan pada perusahaan swasta. Pada tanggal 5 Mei 1995 Bachtiar mendirikan sanggar Si Pitung yang terinspirasi dengan sosok jagoan legendaris Betawi, Pitung yang selalu membantu rakyat yang tertindas. Sanggar ini dibuka untuk menjawab permintaan warga sekitar yang menginginkan adanya wadah yang dapat melestarikan kebudayaan Betawi khususnya grup buka palang pintu, disamping kegiatan lainnya seperti silat cingkrig dan kegiatan pengajian.

 

Tanpa disangka, sanggar Si Pitung semakin terkenal dan banyak diminta bantuannya untuk menampilkan tradisi palang pintu maupun tradisi budaya Betawi lainnya seperti ondel-ondel, lenong dan lainnya tidak hanya di Jakarta namun hingga sejumlah kota di pulau Jawa. Atas kegigihannya melestarikan kebudayaan Betawi, pada tahun 2011 Pemerintah Provinsi DKI Jakara memberikan Penghargaan Kebudayaan kepada Sanggar Si Pitung pimpinan Bachtiar sebagai Sanggar Inovatif dan Kreatif.

 

Bachtiar menikah dengan Nur Aini dan dikaruniai lima orang anak, yakni Bani Abdillah, Bahir Ahmad Al-Fakher, Tiarani Nazilah, Bianca Najwa dan Bilal Muhammad Pitung.