Aquarius Mahakam, Bangunan Khas

Aquarius Mahakam adalah nama toko musik yang berada di Jl. Mahakam, Jakarta Selatan. Toko musik yang dibuka sejak tahun 1987 ini merupakan salah satu toko musik terpopuler di kalangan warga Jakarta khususnya anak muda hingga pertengahan tahun 2000-an. Aquarius Mahakam tutup dan berhenti beroperasi pada tanggal 31 Desember 2013 karena kalah bersaing dengan penjualan musik digital yang semakin digemari masyarakat. 

Semenjak dibuka tahun 1987 hingga ditutup tahun 2013, bentuk tampilan fisik bangunan Aquarius Mahakam nyaris tidak pernah berubah. Bagian luar didominasi warna putih dan pada bagian samping depan terdapat tiga rangkaian tiang besi yang biasa digunakan untuk memasang banner promosi album musisi terbaru atau informasi jadwal konser musisi asing yang akan tampil di Jakarta. Memasuki bagian dalam bangunan, pengunjung akan langsung melihat meja di sebelah kanan yang berfungsi sebagai lokasi kasir dan tempat penitipan barang. Pada bagian dinding banyak dipasang poster-poster musisi asing serta beberapa compact disc (CD) album musisi Indonesia yang sudah dibingkai dan ditandatangani para musisinya yang bernaung di bawah label Aquarius Musikindo.

Selanjutnya terdapat beberapa ruangan yang merupakan pembagian dari zona kaset dan zona CD. Sejak pertengahan tahun 2000-an seiring dengan berkembangnya teknologi CD, produk kaset yang dijual di Aquarius Mahakam perlahan mulai menghilang dan digantikan dengan produk CD. Pada awal dibuka hingga awal tahun 1990-an, Aquarius Mahakam menyediakan beberapa mesin penguji kaset dimana pengunjung bisa mendengarkan kaset sebelum membelinya. Belakangan mesin penguji kaset tersebut ditiadakan dan hanya disediakan mesin penguji CD saja. Lantai bagian dalam bangunan Aquarius Mahakam merupakan ubin berwarna biru.