Anna De Kiev, Patung

Patung Anna de Kiev terdapat di Taman Cattleya, Jakarta Barat. Patung ini merupakan patung replika yang diberikan Pemerintah Kota Kiev, Ukraina kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai hadiah HUT DKI Jakarta ke-492 serta untuk meningkatkan hubungan baik sister city Jakarta-Kiev yang sudah terjalin baik selama ini. Patung Anna de Kiev tersebut diserahkan Wakil Walikota Kiev, Khonda Maryna dan Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia, Volodymyr Pakhil kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota Jakarta pada hari Jumat, 21 Juni 2019.

Replika patung Anne de Kiev ini adalah karya pematung Konstantin Skrytutski, dibuat berdasarkan patung asli Anne de Kiev yang terletak di Ukraina. Dikenal sebagai Anne de Kiev di Perancis, tokoh ini juga lazim disebut Anne of Kiev, Anna dari Kyiv, atau Anna Yaroslavna (1032-1075). Sebagai putri Yaroslav I dari Kiev dengan istrinya Putri Ingigerdi dari Swedia, Anne de Kiev merupakan permaisuri Perancis yang mendampingi Henry I dan Wali Raja untuk putranya Phillip I. Anne de Kiev juga dikenal sebagai wanita terpelajar yang menguasai bahasa Cyrillic secara lisan maupun tulisan.

Patung Anna de Kiev diresmikan pada hari Jumat, 21 Juni 2019 pukul 18.00-20.00 WIB di Taman Cattleya, Jakarta Barat. Peresmian tersebut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, yang diikuti oleh pementasan Teater Edigna: Daughter of Anne of Kiev and Henry I sebagai perwujudan hubungan kerja sama sister city Jakarta dan Kiev.