Anies Baswedan

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D atau Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Sebelumnya Anies merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 hingga 2016. Anies lahir di Kuningan pada tanggal 7 Mei 1969.

Anies terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama wakilnya, Sandiaga Uno setelah berhasil mengalahkan pasangan petahana Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama dan wakilnya, Djarot Syaiful Hidayat pada putaran kedua pilkada DKI Jakarta 2017. Pasangan Anies-Sandi diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anies dikenal sebagai seorang akademisi dan pernah dipercaya menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina tahun 2007 hingga 2014. Anies juga merupakan pendiri Yayasan Indonesia Mengajar, sebuah gerakan yang memiliki misi mengirimkan guru-guru dan pengajar muda ke wilayah terpencil dan terluar di Indonesia untuk membantu proses pendidikan murid sekolah di daerah tersebut. Latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh Anies adalah S1 Universitas Gadjah Mada (1989-1995), S2 University of Maryland, Amerika Serikat (1996-1999) dan S3 Northern Illinois University, Amerika Serikat (2000-2005).

Penghargaan yang pernah diraih Anies diantaranya adalah Dompet Duafa Award, Anugerah Hari Sastra Nasional Tokoh Inspiratif, Anugerah Integritas Nasional, The Golden Awards dan Megawati Soekarnoputri Award.

Dari pernikahannya dengan Fery Haryati, Anies dikarunia empat orang anak yakni Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan dan Ismail Hakim Baswedan.