Anak-anak Nabi, Pantun Betawi

Masyarakat Betawi mengenal bentuk pantun dalam kehidupan sehari-hari, menurut Chaer (2012) pantun baris pertama dan kedua disebut sampiran, baris ketiga dan keempat baru berupa isi pantun. Pola persajakan pantun berbunyi a-b-a-b, namun pada pantun Betawi sendiri juga dikenal dengan bunyi pola persajakan a-a-a-a seperti pada pantun Betawi karangan Ahmad Lutfi Fathullah yang membaca sejarah perjalanan nabi lewat pantun Betawi di bawah ini.

Meski Nabi punye banyak bini

Cume due bini nyang ngasih turunan

Dari Khadijah dan Mariaj Kibti

Qosim Abdullah Ibrahim yang berkenan

 

Ruqoyah Ummu Kulthum bini Usman

Orang alim juge hartawan

Siti Fatimah dinikahin Ali

Nasabnye Ali ketemu nasab Nabi

 

Fatimah Ali dikasih anugrah

Lanjutin nasab goresin sejarah

Hasan Husen Muhsin ‘ntu amanah

Yang perempuan Zainab dan Nafisah

 

Muhsin meninggal diwaktu kecil

Cucu’ ketige duluan dipanggil

Izra’il datang buat mengambil

Gak mandang besar gak mandang kecil

 

Hasan dan Husen amat disayang

Sering digendong dan dipangku eyang

Dipeluk dicium juge ditimang-timang

Dan sering juge diajak ikut sembahyang

 

Heran kenape kok ade yang tege

Nyakitin cucu’ Nabi dan keluarge

Julukannye PemimpinPemude

Gak usah ikutan nanti jadi rame

 

Hasan nyang arif nyatuin ummat

Waktu fitneh makin menghangat

Mu’awiyah nggak pengen sepakat

Padahal udeh diajak mufakat

 

Perang saudare pecah di Karbala

Sejarah ‘entu gak usen dibela

Jangan ngikut-ngikut mencela

Meski ati tetep kage rela

 

Sekedar aje jadi catatan

Buat kite jadiin pelajaran

Bekal idup di mase depan

Kudu optimis dan penu harapan

 

Kite bukan nggak cinte Nabi

Kalo kite bukan syi’ah Ali

Tapi kite tetap konsisten

Cinte Rosul jadi hak paten