Ambisi

Ambisi adalah sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1973. Film komedi ini bertutur di dunia entertainmen,mulai dari siaran radio swasta niaga, industri rekaman hingga pertunjukan panggung.Dengan dibintangi oleh Bing Slamet, Benyamin S, Anna Matnovani, Fifi Young, Deddy Mahmudi, Koes Plus, Bimbo, God Bless, dan Nukke Maya Saphira. Film ini memenangi Piala Citra dalam ajang FFI 1974 untuk kategori Tata Artistik Terbaik untuk Ami Prijono.

Berkisah tentang Bing (Bing Slamet) yang berprofesi sebagai penyiar radio Undur Undur Broadcasting Service bersama penyiar lainnya Benyamin (Benyamin S). Keceriaan Bing di studio radio ternyata bertolak belakang dengan kehidupan rumah tangganya yang sarat pertengkaran. Apalagi sang istri posesif dan pencemburu (diperankan Nuke Maya Saphira). Alhasil Bing mencari pelampiasan di dunia hiburan yang ditekuninya.

Hingga akhirnya bertemu dengan seorang pendatang baru dalam dunia tarik suara Anna (Anna Mathovani). Bing ternyata jatuh hati pada Anna. Dengan telaten Bing mulai mengorbitkan Anna. Setiap hari Bing memutar lagu milik Anna, hingga penyanyi Deddy Damhudi merasa didiskriminasi oleh Bing. Akhirnya Bing tersadar ternyata Anna telah mempunyai kekasih (diperankan Pong Hardjatmo).

Menariknya adegan-adegan dalam film ini disusupkan dengan penampilan band-band ternama saat itu mulai dari Koes Plus/Bersaudara,Bimbo hingga God Bless.