Alangkah Lucunya (negeri Ini), Perfilman

Alangkah Lucunya (negeri ini), merupakan Film Drama Komedi Satir yang diproduksi oleh Citra Sinema. Film berdurasi 105 menit ini, rilis pada 15 April 2010

Film ini mengisahkan tentang Muluk (Reza Rahadian), seorang pemuda yang setelah dua tahun diwisuda menjadi seorang Sarjana, yang masih belum menemukan pekerjaan yang tepat untuknya. Namun, Ia tak pernah patah semangat. Karena, selalu mendapat dukungan dari sang ayah, Pak Makbul (Deddy Mizwar), serta sang kekasih, Rahma (Sonia).

Suatu ketika, Muluk berkenalan dengan Komet (Angga), seorang pencopet cilik yang dijumpainya di pasar. Oleh Komet, Muluk kemudian dikenalkan dengan Jarot (Tio Pakusadewo), pimpinan dari sekelompok pencopet anak-anak yang seringkali beraksi di masyarakat. Dari pertemuan ini, Muluk kemudian menawarkan sebuah kerjasama pada Jarot.

Ia akan melakukan sistem Manajemen terhadap setiap penghasilan yang didapat dari setiap pencopet di setiap harinya. Muluk beralasan, dengan cara ini, maka sedikit demi sedikit, uang tersebut akan terkumpul dan para pencopet cilik tersebut nantinya dapat membuka sebuah usaha dan tak perlu lagi mencopet.

Dengan mengenakan biaya 10 persen dari hasil setiap mencopet akan diberikan pada Muluk, Jarot pun setuju menjalani kerjasama tersebut. Walau awalnya mendapat tentangan dari beberapa orang, namun hubungan Muluk dengan para pencopet cilik tersebut justru lama-kelamaan malah bertambah dekat.

Tidak hanya menjadi manajer uang yang keluar masuk, Muluk kemudian mengajak dua orang temannya, Pipit (Ratu Tika Bravani) dan Samsul (Asrul Dahlan), untuk mengajarkan anak-anak tersebut Ilmu Kewarganegaraan serta Ilmu Agama. Dan hasilnya, kini anak-anak pencopet tersebut telah menjadi orang yang 'Berpendidikan', baik secara Sosial maupun Religius

Film Alangkah Lucunya (negeri ini),  pernah diputar di Lisbon, Portugal dalam acara Ciclo de Cinema dos Países MIKTA 2018 yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Portugal. Selain itu, juga sempat lolos dalam seleksi awal dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik Academy Awards 2011. 

 

Produser Zairin Zain

Sutradara Deddy Mizwar

Penulis Musfar Yasin

Pemeran Reza Rahadian, Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo, Asrul Dahlan, Ratu Tika Bravani, Rina Hasyim, Sakurta Ginting, Teuku Edwin, Sonia, Moh. Irfan Siagian, Angga Putra