AHMAD THABRANI

KH. Ahmad  Thabrani bin H. Sainan bin Deming atau lebih dikenal dengan KH. Ahmad Thabrani merupakan salah satu tokoh ulama Betawi terkemuka. Thabrani lahir di daerah Paseban, Senen, jakarta Pusat pada tahun 1901 dan merupakan anak tunggal dari pasangan H. Sainan dan Hj. Sa’ariyah binti Pane. Pendidikan agama Islam dipelajarinya di Madrasah Unwanul Falah Kwitang yang saat itu diasuh oleh Habib Ali Al-Habsy. Thabrani juga sempat menimba ilmu agama kepada Guru Mahmud Ramli, Guru Majid Pekojan, Guru Kholid Gondangdia, Guru Ya’kub dan Habib Ali Bungur.

 

KH. Ahmad Thabrani dikenal mengajar berbagai disiplin ilmu agama kepada murid-muridnya, seperti Tafsir, Hadits, Fiqih, Nahwu, Aqidah Tauhid dan sejumlah ilmu agama Islam lainnya. Dalam kesehariannya, selain sibuk mengajar, dirinya juga berdagang kain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Pada masa revolusi fisik pasca kemerdekaan, banyak pejuang Indonesia yang sering berkunjung ke rumah KH. Ahmad Thabrani untuk meminta didoakan sebelum berangkat bertempur. KH. Ahmad Thabrani wafat pada tanggal 5 Februari 1985 dan dimakamkan di pemakaman Kawi Kawi, Johar Baru, Jakarta Pusat.