Agus Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. atau kini biasa disapa dengan inisial “AHY” merupakan putra sulung dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Agus lahir di Bandung pada tanggal 10 Agustus 1978. Agus merupakan penerima penghargaan Adhi Makayasa – Tri Sakti Wiratama, atau lulusan terbaik Akademi Militer Republik Indonesia (Akabri) pada tahun 2000.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Agus maju menjadi salah satu calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Hj. Slyviana Murni yang didukung oleh sejumlah partai yakni Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).  Pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017, pasangan Agus-Sylvi langsung tersingkir dan harus menerima kekalahan karena jumlah perolehan suaranya adalah yang terkecil dibandingkan pasangan calon Gubernur lainnya sehingga mereka tidak mampu lolos ke putaran kedua.

Berasal dari keluarga yang memiliki tradisi militer yang kuat dimana salah satu kakeknya,  Sarwo Edhie Wibowo merupakan komandan RPKAD (Kopassus) yang dikenal memimpin pemberantasan pemberontakan G30S/PKI, hampir separuh masa muda Agus dihabiskan dengan mengabdi kepada negara sebagai prajurit sebelum akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari dinas TNI dengan pangkat terakhir Mayor untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh Agus adalah Akademi Militer (Indonesia), Nanyang Technological University (Singapura),  S. Rajaratnama School of International Studies (Singapura), John F. Kennedy School of Government Harvard University (Amerika Serikat) dan George Herbert Wlker School of Business and Technology Webster University (Amerika Serikat).

Sepanjang karir militernya, Agus sudah beberapa kali menjalani penugasan lapangan diantaranya ketika berlangsungnya konflik Aceh serta sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Lebanon. Jabatan terakhir Agus sebelum resmi mundur dari TNI adalah sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 / Arya Kemuning.

Agus menikah dengan mantan model dan presenter televisi, Annisa Larasati Pohan pada tanggal 8 Juli 2005 dan dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono. Bertepatan dengan ultahnya ke-39 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2017, Agus meluncurkan sebuah lembaga kajian non-politik praktis yang dinamakan The Yudhoyono Institute dimana Agus menjabat sebagai Direktur Eksekutif. Saat ini Agus aktif berpolitik bersama dengan Partai Demokrat.