Ada Surga Di Rumahmu, Perfilman

Ada Surga Di Rumahmu merupakan judul Film Drama Keluarga Indonesia yang diproduksi oleh Rumah Produksi Mizan Productions, berdurasi  106 menit dan rilis pada 02 April 2015. Film ini adalah adaptasi dari Novel berjudul sama, yang diambil dari kisah kehidupan Ustad Al-Habsyi.

Film Ada Surga Di Rumahmu berkisah tentang kenakalan Ramadhan kecil (Raihan Khan), yang sering menyelesaikan permasalahan dengan berkelahi. Namun di balik kenakalannya, Ramadhan memiliki bakat yang luar biasa dalam bercerita. Ke Abuya (Budi Khairul), ayah Ramadhan menyadari bakat yang dimiliki anaknya. Saat mengajar mengaji dan melihat Ramadhan berulah, dia memberi hukuman pada anaknya untuk bercerita.

Meski menghukum, Abuya senantiasa menikmati dongeng yang disampaikan Ramadhan. Namun, Ramadhan terpaksa berpisah dengan kedua orang tuanya ketika Abuya dan Umi (Elma Theana) mengirimkannya ke Pesantren setelah berkelahi dengan temannya.

Hidup jauh dari orang tua dan tinggal di Pesantren tak membuat kenakalan Ramadhan berkurang. Akibat kenakalannya Ia dan kedua temannya Ki Agus (Qya Gus Ditra) dan Abdul (Hendra Wirajaya) harus dihukum Ustad Athar, salah satunya melakukan dakwah di kuburan dan tempat-tempat yang ramai. Hukuman ini mereka jalani meskipun harus menghadapi celaan, hinaan, bahkan terkadang ancaman.

Hidup Ramadhan dewasa (Husein Alatas) berubah saat ustad Athar mengabarkan bahwa selama ini biaya belajar di Pesantren dibayar Abuya dengan mendonorkan ginjalnya pada ustad Athar. Kenyataan ini sangat memukul Ramadhan.

Ia pun bercita-cita untuk sukses sebagai ustad. Dan dari Kiranalah (Zeezee Shahab) gadis yang dikenalnya di Pesantren saat shooting film, yang membuat jalan Ramadhan sebagai ustad terbuka saat diundang ceramah di rumahnya. Namun perkenalan dengan Kirana menyisakan rasa cemburu Nayla (Nina Septiani) teman masa kecilnya.

Sementara itu, Umi yang sakit-sakitan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit saat terjatuh dan muntah di pesta orang tua Kirana. Kejadian ini membuat Ramadhan semakin keras berusaha untuk membahagiakan Abuya dan Umi.

Film drama keluarga ini, menggugah kembali kepedulian setiap orang untuk terlebih dahulu membangun surga terdekat di rumah masing-masing dalam kehangatan kasih sayang keluarga sebelum memintal jalan lain ke Surga di lingkungan masyarakat lebih luas.

 

Produser Avesina Soebli, Nadjmi Zen
Sutradara Aditya Gumay
Penulis Oka Aurora, Ahmad Al-Habsyi
Pemeran Husein Alatas, Zee Zee Shahab, Nina Septiani, Elma Theana, Budi Khairul, Qya Gus Ditra, Hendra Wirajaya, Ahmad Al-Habsyi