ABDURRAHMAN

Abdurrahman merupakan salah satu tokoh seniman lenong Betawi. Abdurrahman lahir di Jakarta pada tanggal 23 November 1935. Abdurrahman tertarik dengan dunia seni lenong Betawi sejak kecil, dimana dirinya memberanikan diri bergabung dengan grup lenong agar dapat diajak ikut bermain lenong di panggung meskipun bayaran yang diterimanya tidak seberapa.

 

Dari hasil honor yang dikumpulkannya bermain lenong, Abdurrahman akhirnya berhasil membuat grup lenong sendiri yang pada masanya cukup dikenal dan sering tampil tidak hanya di Jakarta namun juga sampai ke Bekasi, Babelan dan Cikarang. Meskipun seiring perkembangan jaman kesenian lenong semakin ditinggalkan, namun Abdurrahman tetap bertekad untuk terus menjaganya. Dirinya mengaku tidak ingin kesenian lenong Betawi kehilangan format aslinya meskipun dengan resiko tidak ada yang mau menontonnya lagi.

 

Sebagai bentuk apresiasi penghargaan atas upaya dan dedikasinya dalam melestarikan kesenian Betawi, pada tahun 2002 Abdurrahman mendapat penghargaan kebudayaan sebagai “Seniman Tradisi” oleh Pemprov DKI jakarta.