YAZEED DJAMIN

Komposer dan konduktor orkestra, lahir di Jakarta, 21 Desember 1950, dari orang tua asal Minangkabau dan Betawi. Sejak usia tiga tahun sudah bisa memainkan piano. Pendidikan musik formal pertama kali dimulai ketika berusia sembilan tahun, masuk Yayasan Pendidikan Musik (YFM) dengan mendalami piano. Tamat YFM, meneruskan pendidikan musiknya di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (sekarang Institut Kesenian Jakarta) jurusan Piano.

Yazeed melanjutkan ke Baltimore Amerika sampai mendapatkan gelar Bachelor of Art. Selanjutnya bersekolah di Catholic University of America di Washington DC untuk meraih gelar MA (1980) dan PhD di tahun 1988 bidang piano performance. Setelah menyelesaikan doktor, Yazeed memimpin Nusantara Chamber Orchestra (NCO). Sebagai seniman musik namanya lebih dikenal luas di Kuala Lumpur daripada di tanah kelahirannya. Di Malaysia sejak tahun 1994 Yazeed diminta menjadi resident composer/arranger untuk Orkes Kebangsaan Malaysia.

Pada tahun 1969 lahir karya Yazeed berjudul Srikandhi. Setelah itu lahir karya-karyanya, terutama setelah pulang dari Amerika, antara lain My Home Work (1974), Music for Brass (1976), Malin Kundang Symphonie Poem (1993-1994), Nyi Ronggeng (1988). Karya terakhir ini memenangkan hadiah pertama dalam International Music Festival 1995 di Sydney, Australia. Yazeed sering pergi ke luar negeri untuk menjadi dirigen di orkes beberapa negara, antara lain Selandia Baru di Auckland dan Wellington, ke Amerika menjadi dirigen untuk "Kansas Orchestra" di Los Angeles. Yazeed meninggal dunia bulan September 2001.