Yap Tjwan Bing

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Lahir di Solo, 31 Oktober 1910. Setelah lulus sebagai sarjana farmasi dari Universitas Amsterdam tahun 1939, mendirikan apotek di Bandung dan kemudian aktif dalam gerakan kemerdekaan Indonesia. Sejak berumur 18 tahun sudah menaruh simpati pada perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang dipimpin Bung Karno dan Bung Hatta. Namun, karena masih muda, pengetahuan politiknya belum banyak, walaupun pernah seasrama dengan antara lain: Mr. Amir Sjarifuddin yang kemudian menjadi Perdana Menteri RI di Yogyakarta. Baru di Negeri Belanda (1932-1939) ia berkesempatan membaca buku politik sebanyak mungkin dan ikut persidangan-persidangan para mahasiswa Indonesia yang tengah berusaha memperjuangkan kemerdekaan bangsanya, di bawah pimpinan Bung Hatta, Iwa Kusuma Sumantri dan kawan-kawan. Sekembalinya ke Tanah air minatnya dalam politik dilanjutkan.

Pada bulan Agustus 1945 ia diangkat sebagai anggota PPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 ia menghadiri pengesahan UUD 1945 dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI. Pada tanggal 27 Agustus 1945 PPKI dibubarkan dan saat itu juga dibentuk KNIP, Yap Tjwan Bing diangkat sebagai salah satu anggotanya.

Dari Februari sampai Agustus 1950 ia duduk dalam DPR-RIS sebagai satu-satunya keturunan Tionghoa yang mewakili Pemerintah RI. Ketika pada Agustus 1950 terbentuk DPR-Sementara Yap tetap menjadi anggota, tetapi sebagai wakil Partai Nasional Indonesia (PNI) sampai digantikan oleh Tony Wen. Karena kesehatan putranya memerlukan perawatan khusus, ia beremigrasi ke Amerika tahun 1963 dan meninggal tahun 1988. Otobiografinya Meretas Jalan Kemerdekaan: Otobiografi Seorang Pejuang Kemerdekaan diterbitkan PT Gramedia tahun 1988.