UNIVERSITAS PANCASILA, STASIUN

Stasiun Universitas Pancasila
Alamat Jalan Lenteng Agung Timur, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Data per 2015

Stasiun Universitas Pancasila, merupakan stasiun kereta api yang terletak paling selatan di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Stasiun ini hanya berjarak beberapa ratus meter dari Stasiun Lenteng Agung dan sekitar 1 kilometer dari Stasiun Universitas Indonesia, Depok. Stasiun ini berada di bawah Daerah Operasi I Jakarta PT. KCJ.

Stasiun ini berada berseberangan dengan Universitas Pancasila. Sebuah perguruan tinggi swasta yang telah berdiri di Jakarta sejak 28 Oktober 1966. Pada tahun 1988, Fakultas Ekonomi universitas ini selesai dibangun di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan yang kemudian diikuti oleh Fakultas yang lain. Saat ini Universitas Pancasila telah mempunyai kampus seluas 11.255 m2 dengan bangunan seluas 38.076 m2 yang terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik. Universitas ini pernah menjadi pilihan beberapa orang terkenal untuk mengenyam pendidikan tingginya, diantaranya pelawak senior Indro ‘Warkop’, entertainer Ali ‘Coboy’ Mustafa yang kini bekerja di perusahaan komunikasi, entertainer Rina Gunawan, penyanyi Reza Artamevia, manajer artis Sulung Landung, dan CEO Lion Air Group Rusdi Kirana.

Stasiun Universitas Pancasila telah mengalami perubahan fisik dengan desain yang lebih modern dan dinamis, juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, kantor pengelola stasiun, ruang ibadah, ticketing di dua tempat. Terdapat dua jalur di stasiun ini, yaitu menuju ke arah Bogor dan menuju ke arah Jakarta/Kota. Stasiun ini dijaga keamanannya oleh satuan pengamanan dan tentara. Stasiun ini juga telah memberlakukan sistem tiket menggunakan Kartu Multi Trip dan Kartu Harian Berjaminan yang telah berlaku sejak 2013.

Lokasi Stasiun Universitas Pancasila berada dekat dengan kantor distribusi Teh Botol Sosro wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya, SMAN 38 Jakarta, SMPN 98 Jakarta, MAN 13 Jakarta, Direktorat Zeni AD Kizi Jihandak SDS, SMAN 109 Jakarta, PPPPTK Bahasa milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan restoran KFC Lenteng Agung. Untuk menuju ke stasiun ini pengguna jasa transportasi Kereta Commuter line dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkutan perkotaan (angkot) S02 Pondok Labu – Lenteng Agung, angkot 129 Mekarsari – Pasar Minggu, angkot KWK T-19 Terminal Depok – Taman Mini, angkot M.03 Depok – Pasar Minggu, dan angkot M.04 Depok Timur – Pasar Minggu.