Tosari, Rumah

Salah satu tipe rumah tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Rumah tipe ini beratap perisai dengan teritis lebar, kemiringan atap mencapai 450. Tipe Tosari dibangun dalam lahan hijau dengan taman depan sehingga selalu terdapat teras (beranda ) di depan rumah. Teras ini dibatasi tembok rendah setinggi 75-80 cm, yang terbuat dari batu kali atau bahan seperti teraso yang berkesan alami. Selain tembok rendah, biasanya pada teras terdapat kolom yang menyangga atap teras tersebut. Kolom ini memiliki keunikan berupa profil plesteran sebagai pemanis di bagian atasnya. Pintu masuk utama terdiri dari dua daun pintu kayu jati yang membuka kearah teras. Pintu dan jendela biasanya dihiasi kaca timah yang berpola geometris.

Ruang dalam rumah serta tata-letaknya menunjukkan, bahwa ruangan seperti ini direncanakan bagi keluarga kecil dengan cara hidup yang sederhana. Dalam rumah induk hanya terdapat dua kamar tidur, kamar tamu yang bersambung dengan ruang makan, masing-masing dalam ukuran sedang. Di bagian belakang terdapat dapur, kamar pembantu, gudang serta kamar mandi. Di salah satu sisi terdapat garasi, yang dibangun secara permanen dan memiliki atap perisai tersendiri. Kadangkala garasi ini sering diubah fungsinya menjadi tempat tinggal (paviliun).

Tipe "Tosari" terutama terdapat di Jl. Kusumaatmadja (dahulu Tosariweg) , tetapi juga tampak di Jl. Sumenep, Sukabumi, Padalarang dl. Dari segi artistik, rumah ini sangat sederhana namun asri; dan jarang memiliki elemen dekoratif seperti umumnya rumah tipe-tipe lain di Menteng. Variasi dari tipe rumah ini adalah Tipe Sumenep yang merupakan bentuk sederhana dari Tipe Tosari