Tony Koeswojo

Musisi, pencipta lagu dan pemimpin dalam kelompok Koes Braos (kemudian menjadi Koes Plus). Tonny, lahir di Tuban 19 Januari, 1938. Ia merupakan adalah anak kedua dan yang pertama kali tertarik serta memainkan alat musik. Sejak duduk di bangku sekolah menengah atas di Tuban ia gemar memainkan ukulele, lalu mencoba memainkan biola, apalagi saudara-saudara sekandungnya kerap mengganggunya dengan menggosok dawai biola dengan lilin sehingga tidak berbunyi. Maka Tony pun mulai menekuni ukulele kembali, lalu mencoba bermain gitar.

Awalnya ia sekolah di Taman Dewasa, lalu menamatkan sekolahnya di SMA VI Bulungan, Jakarta. Pendidikannya berlanjut ke IKIP Jakarta Jurusan Bahasa Inggris. Selama beberapa waktu kemudian ia sempat menjadi guru bahasa Inggris. Ketika pindah ke Jakarta, dan sering ditinggal orang tuanya ke Delanggu, Tony membunuh rasa sepi dengan bermain musik bersama beberapa ternan sekolahnya dan membentuk kelompok band. Ia kemudian mengajak saudara-saudara kandungnya berlatih memainkan musik. Ajakannya itu disambut baik dan mulailah anak-anak Koeswojo ini berlatih bersama. Kelompok ini kemudian menamakan diri "Koeswojo Bersaudara", disingkat "Koes Bross".

Tony dianggap penentu dalam Koes Bross, sehingga ia ditunjuk sebagai pemimpin kelompok musik ini. Ia setia pada kesenimanannya. Ia mencurahkan seluruh perhatiannya pada musik, seakan-akan hidup matinya hanya untuk musik. Ia ingin semua saudaranya pun demikian. Inilah yang suatu ketika (1967) membawanya pada perselisihan paham dengan Nomo, adiknya. Akibatnya, Nomo mengundurkan diri dari Koes Bross. Hingga akhir hayat Tony tetap mencipta lagu. Lagu-lagunya yang terakhir terutama ia buat untuk anak-anak, antara lain Dunia Fantasi Indah. Tony yang gemar memancing untuk melatih kesabaran, meninggal karena kanker usus (1987). Untuk Koes Bross. maupun Koes Plus ia menulis banyak lagu.