Tarakan, Rumah Sakit Umum Daerah

 

Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Jakarta Pusat

Alamat

Jalan Kiyai Caringin No. 7 Jakarta Pusat 10150

Telepon

(021)  3503003 Hotline (021) 3503151

Fax

(021) 3503412

Website

http://www.rstarakanjakarta.com

Email

info@rstarakanjakarta.com

SMS

0812 8485 5737

Twitter/ Facebook

@rs_tarakan_jkt/ rs tarakan jakarta

Type Rumah Sakit

A

Direktur

Dr. Koesmedi Proharto, SpOT,Mkes.

Luas Tanah

10.463 m2

Sarana Air Bersih

PAM 1 unit (500 m3)

Sarana Listrik

PLN 2,075 kwh

Pengolahan Limbah

2 Unit

Pembakaran Sampah

1 Unit

Lift Pasien

7 Unit

Jumlah Dokter

115 Orang

Fasilitas

Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap dilengkapi dengan pelayanan penunjang:Instalasi Laboratorium, Instalasi Gizi, Instalasi Farmasi, Instalasi Kamar Jenazah, Instalasi CSSD, Instalasi Sanitasi, Instalasi IPRS,  Pelayanan Administrasi dan Keuanngan, Instalasi Pihak III

(Data per Mei 2014)

 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta Pusat, merupakan salah satu rumah sakit umum yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan berada di wilayah Kota Administratif Jakarta Pusat.Pada mulanya, RSUD Tarakan hanya berbentuk balai pengobatan di tahun 1953. kemudian pada tahun 1956, beralih menjadi Puskesmas Kecamatan Gambir dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dengan luas gedung 2.570 m2. Tahun 1987 Puskesmas tersebut beralih lagi menjadi RS kelas C, berdasarkan SK Menkes 15/1989 berlantai 4. Puskesmas itu juga dilengkapi dengan 30 Tempat Tidur (TT) dengan penambahan gedung seluas: 2170 55m2 dan luas tanah : 6662 m2.

Pada tahun 1997, rumah sakit ini menjadi rumah sakit kelas B Non pendidikan yang dilengkapi dengan 153 tempat tidur berdasarkan SK MENKES No.1224/MENKES/SK/1997 dan menjadi Rumah Sakit Unit Swadana melalui Perda DKI NO. 10/1997. RSUD Tarakan mendapatkan Akreditasi dasar 5 pelayanan yang ada pada tahun 1999. Lalu di tahun 2001 RSUD Tarakan melakukan pembangunan gedung blok C berlantai 3 (sekarang berfungsi sebagai ruang IGD, patologi anatomi, hemodialisa dan ruang isolasi) kemudian dilakukan penambahan di tahun 2003, yaitu dengan  pembangunan gedung belakang yang berlantai 6 yang terletak di Jl. Siantar, bersebelahan dengan Jl Kyai Caringin, beroperasional mulai bulan Juni 2003. Kapasitas Tempat Tidur menjadi : 142 TT (Kelas III: 102 TT/72%) dengan luas tanah : 3440 M2 dan luas bangunan : 11.656M2. Di tahun 2004 terjadi renovasi total gedung DP I berlantai 8 yang dimulai pertengahan tahun 2004 dan selesai akhir tahun 2005. Beroperasi bulan maret tahun 2006.

Tahun 2006, RSUD tarakan telah mempunyai dua buah gedung yaitu : Gedung depan dan Gedung belakang. Pada saat itu kapasitas Tempat Tidur RSUD Tarakan mencapai: 352 TT (kelas III : 70%) dan UPT DINKES dengan pengelolaan keuangan BLU Penuh.Gedung Depan berlantai 8 dibangun terdiri 2 blok yaitu blok A dan blok B, beroperasi mulai 2006.Gedung Belakang mempunyai 7 lantai beroperasi tahun 2007, sedangkan Blok C yang menempel pada gedung depan mempunyai jembatan penghubung antara gedung depan dan belakang.

RSUD Tarakan di tahun 2006 juga telah beralih menjadi BLUD secara penuh dengan sertifikasi ISO 9001:2008 dan akreditasi 5 pelayanan. RSUD ini terdiri atas dua gedung utama, yakni gedung DP II dan gedung DP I yang dilengkapi pasilitas 352 tempat tidur (kelas III sebanyak 70%). Berdasarkan Pergub No 71 th 2009 tentang organisasi dan tata kerja RSUD Tarakan, rumah sakit ini berubah menjadi Lembaga Teknis Daerah (LTD) Pemprov DKI Jakarta yang bertanggung jawab langsung kepada Sekretaris Daerah DKI Jakarta. RSUD Tarakan menjadi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang merupakan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (PPK – BLUD).

Tahun 2011 RSUD Tarakan dikembangkan menjadi RSUD dengan peningkatan pelayanan Critical Care Center pada saat ini jumlah tempat tidur di RSUD Tarakan mencapai 464 TT. Kemudian pada tanggal 24 April 2012 rumah sakit ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta. Oleh DR. Ing Fauzi Bowo sebagai Pusat Penanganan Pasien Gawat dan Penanganan Perawatan Pasien Kritis ( Critical Care Center ).RSUD Tarakan kemudian mendapatkan Sertifikat Akreditasi 16 pelayanan rumahsakitnya di tahun 2012.

Guna menunjang layanan rumah sakitnya, sebagai rumah sakit Critical Care Center, RSUD Tarakan menyekolahkan 120 Orang karyawannya di berbagai ruang ICU dan NICU di Seluruh Jakarta. Pada saat ini RSUD Tarakan memiliki layanan unggulan untuk penanganan penyakit jantung, stroke dan dilengkapi dengan 76 TT di ruang NICU, PICU, ICU dan ICCU.Rencananya RSUD Tarakan akan melengkapi critical care dengan alat monitor, alat bantu napas, juga akan membangun tambahan 10 kamar operasi sehingga dapat mempermudah pelayanan kepada pasien RSUD Tarakan.

 

VISI

Visi dari RSUD Tarakan Jakarta Pusat adalah:

New Horizon 2014 Safety Trusted And Satisfaction (Cakrawala Baru Aman Terpercaya Dan Memuaskan)

  • AMAN: Memberikan pelayanan kesehatan dengan memperhatikn faktor-faktor keselamatan untuk konsumen, petugas dan rumah sakit.
  • TERPERCAYA: Meningkatkan budaya kerja dengan mengutamakan quality assurance untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • MEMUASKAN: Meningkatkan kompetensi SDM dalam memberikan pelayanan yang berkualitas agar kepuasan konsumen tercapai.

MISI

Misi dari RSUD Tarakan, Jakarta Pusat:

  • Memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk seluruh lapisan masyarakat.
  • Meningkatkan budaya kerja yang harmonis untuk membentuk sdm yang berkualitas sesuai dengan perkembangan iptek serta tuntutan konsumen tentang pelayanan berkualitas.
  • Mengutamakan Quality assurance and patient safety dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan optimal.

TUGAS

RSUD Tarakan mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan perseorangan dengan mengutamakan upaya penyembuhan (kuratif), pemulihan (rehabilitatif) yang dilakukan secara terpadu dengan upaya pencegahan (preventif) dan peningkatan (promotif) serta melaksanakan upaya rujukan.

NILAI

IKHLAS memberikan pelayanan kesehatan pada konsumen, dengn ikhlas kan membuahkan pelayanan yang diridhoi oleh Allah SWT.

JUJUR menunjukan nilai diri tentang bagaimana memberikan pelayanan dengan keterbukaan sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen kepada pelayanan itu.

DISIPLIN dalam melayani konsumen akan meningkatkan kualitas jaminan pelayanan agar memberikan kepuasan bagi konsumen.

PEDULI dalam memberikan pelayanan kesehatan akan meningktkan kepercayaan konsumen pada kualitas pelayanan.

KERJASAMA melakukan pelayanan dengan mengutamakan kerja sama bahu membahu akan meringankan kerja kita, meningkatkan kualitas pelayanan.

Untuk mencapai VISI, MISI, dan NILAI yang dicanangkan oleh RSUD Tarakan maka manajemen berkomitmen untuk merubah pola pikir dan pola kerja yang berorientasi pada Good Corporate Governance.

 

Fasilitas dan Pelayanan RSUD Tarakan:

I.  Pelayanan Penunjang Medis

Instalasi Gizi           

RSUD Tarakan menyediakan konsultasi gizi oleh ahli gizi berpengalaman, sehingga pertanyaan ibu mengenai gizi bagi ibu hamil dan anak akan terjawab. Gizi yang lengkap dan sehat menjamin kesehatan ibu dan anak.

Instalasi Radiologi

Instalasi Radiologi merupakan unit penunjang medis yang memberikan pelayanan radiologi untuk menunjang data pasien. Instalasi Radiologi RSUD Tarakan menyediakan berbagai fasilitas pemeriksaan Rontgen, USG, CT Scan dengan didukung peralatan yang canggih, teknologi yang handal, & personil-personil yang potensial yang mampu memberikan hasil akurat & terpercaya.

Instalasi Farmasi

Farmasimelakukan pengelolaan mulai dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan, peracikan, pelayanan langsung kepada pasien sampai dengan pengendalian smua perbekalan kesehatan yang beredar dan digunakan dalam rumah sakit baik untuk pasien rawat jalan, rawat inap maupun semua unit termasuk politeknik rumah sakit.

Pelayanan oleh instalasi farmasi selain difokuskan terhadap konsumen, juga ditujukan pada pihak yang berkaitan yaitu anggota masyarakat rumah sakit, pemilik rumah sakit dan stakeholder.

Instalasi Laboratorium

InstalasiLaboratorium RSUD Tarakan Jakarta melayani pemeriksaan Patologi Klinik   dan Patologi Anatomi.Pemeriksaan Patologi Anatomi dilakukan oleh dokter spesialis Patologi Anatomi, untuk memeriksa sediaan jaringan tubuh manusia, yang berguna untuk menegakkan diagnosis serta menetapkan prognosis penyakit.

Pemeriksaan Patologi Klinik dilakukan oleh dokter Spesialis Patologi Klinik, untuk memeriksa cairan tubuh manusia, meliputi darah, urin, tinja, cairan otak, cairan pleura, cairan sendi, sputum dan sperma. Pelayanan patologi klinik meliputi pemeriksaan hematologi, hemostasis, kimia klinik, Immunoserologi dan mikrobiologi. Adapun pemeriksaan hematologi meliputi pemeriksaan hematologi rutin yang dilakukan dengan Automatic Cell Counter, dengan hasil yang akurat dan presisi yang tinggi. Pemeriksaan Hemostasis meliputi Protrombin time, activated vartial Thromboplastin time, INR (International Normalized Ratio) dan Fibrinogen, dilakukan dengan alat koagulometer. Sedangkan pemeriksaan kimia klinik dilakukan dengan Autoanalyzer, meliputi pemeriksaan fungsi hati, fungsi ginjal, fungsi jantung, endokrin dll, selain itu juga melayani pemeriksaan Elektrolit (Na, K, Cl) dengan Electrolite Analyzer dan pemeriksaan analisa gas darah dengan Blood gas analyzer. Semua pemeriksaan tersebut sudah dilakukan Quality Control setiap hari sebelum melakukan pemeriksaan spesimen.

Pemeriksaan Immunoserologi menegakkan diagnosis penyakit infeksi seperti Hepatitis A, B, C, Demam tipoid, demam rhematik, HIV, demam dengue, leptospirosis dan lainnya. Pemeriksaan mikrobiologi melayani pemeriksaan sediaan langsung dengan pewarnaan, seperti pemeriksaan sekret (vagina, urethra, mata), pemeriksaan baksil tahan asam.

 

II.  Pelayanan Medis Khusus

Haemodalisa  

RSUD Tarakan telah melengkapi fasilitas dengan Klinik Cuci Darah (Haemodialysis Clinic), dengan tujuan untuk memberikan pelayanan cuci darah bagi pasien yang menderita gagal ginjal akut berkomplikasi dan gagal ginjal terminal, dimana ginjal pasien sudah tidak sanggup lagi membuang sisa-sisa metabolisme dan air yang dapat memperburuk keadaan kesehatan pasien.

Klinik cuci darah RSUD Tarakan akan membantu pasien dalam memenuhi kebutuhan agar dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari secara mandiri, sehingga hidup anda akan lebih berkualitas, lebih bersemangat lagi dalam menjalani kehidupandan memperbaiki pola hidup anda yang telah berubah sehingga anda akan merasakan perubahan pola hidup yang harus anda jalankan sebagai tantangan untuk tetap mandiri dalam menikmati hidup ini.

Intensive Care Unit (ICU)

Di ruang ICU RSUD Tarakan Jakarta, terdapat dokter dan petugas yang selalu siap stand by dalam pengawasan pasien.

Instansi Rumah Sakit ini juga dilengkapi dengan ruangan yang diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi kritis. Secara umum, ruang ICU adalah ruang rawat di Rumah Sakit yang dilengkapi dengan staf danperalatan khusus untuk merawat dan mengobati pasien yang terancam jiwa oleh kegagalan/ disfungsi satu organ atau ganda akibat penyakit, bencana atau komplikasi yang masih ada harapan hidupnya (reversible).

RSUD Tarakan Jakarta juga memiliki ruang khusus yang memang diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi kritis. Sehingga dengan demikian,pasien dengan kondisi kritis bisa mendapatkan asuhan keperawatan yang aman dan nyaman. Ruang ICU di RSUD Tarakan Jakarta juga didukung dengan peralatan dan tenaga medis yang berpengalaman.

Sarana dan Prasarana pada ICU:

  • ICCU (Intensive Cardiologi Care Unit)
  • PICU (Pediatric Intensive Care Unit)
  • NICU (Neonatus Intensive Care Unit)

 

III.  Pelayanan Medis

Instalasi Gawat Darurat (IGD)

IGD melayani pertolongan pertama pada kasus / penyakit yang tergolong emergency, yaitu melakukan diagonis dan pengobatan pada penyakit akut dan cedera yang memerlukan tindakan segera. Pasien yang datang di IGD selalu dinilai kegawatannya menjadi 3 prioritas, menjadi prioritas 1, 2 dan 3. Prioritas 1 yaitu kasus / penyakit dengan kegawat daruratan yang mengancam jiwa dan gawat darurat berat. Prioritas 2, untuk gawat darurat ringan. Prioritas 3 untuk kasus / penyakit yang bukan gawat darurat.

Pasien dengan prioritas 1 menjadi pilihan pertama petugas untuk mendahulukan pelayanan. Sampai kondisinya stabil baru melayani pasien prioritas 2 dan seterusnya. Karena itu perlu pengertian dan kesabaran dari pasien atau pengantarnya.

Prioritas 1, 2dan 3 ditentukan oleh dokter IGD sesuai derajat kegawatannya. Agar tidak mengganggu petugas dalam melakukan pertolongan pasien, maka hanya satu / dua orang pengantar diperbolehkan masuk di ruang pemeriksaan atas izin dokter.Ruang pemeriksaan harus bebas dari orang yang tidak berkepentingan

Instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Tarakan Buka 24 Jam dan dilengkapi dengan

  • Ambulance
  • Radiologi
  • Laboratorium
  • Ruang Resusitasi
  • Ruang Operasi Emergency
  • Ruang Pemeriksaan Non Emergency
  • Ruang Triage

Instalasi Rawat Inap

Rawat inap adalah pelayanan terhadap pasien yang berkunjung ke RSUD Tarakan yang memerlukan perawatan lebih lanjut untuk keperluan di observasi, diagnosa, terapi, rehabilitasi medik dan pelayanan penunjang medik lainnya.  Pada saat ini RSUD Tarakan memiliki Ruang Rawat VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III.

Sarana penunjang fasilitas pasien rawat inap untuk kebutuhn akan sumber daya listrik selain mendapatkan pasokan listrik dari PLN tersedia juga generator dengan kapasitas 5000 KVA, maupun generator mobille yang dapat dipergunakan/dipindahkan jika diperlukan dalam keadaan emergensi.

Pengembangan gedung rawat inap resepentatif, nyaman dan modern, 4 lantai dengan fasilitas lengkap AC, CCTV monitor dan lift yng terpisah antara pengunjung dan pasien sudah dipersiapkan.

Instalasi Rawat Jalan

Rawat jalan adalah unit pelayanan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Medik dan Keperawatan. Instalasi Rawat Jalan dipimpin oleh seorang Kepala Instalasi. Mempunyai tugas dan fungsi menyediakan fasilitas pelayanan Poliklinik Rawat Jalan dari berbagai disiplin ilmu kedokteran klinik.

Fasilitas pada Instalasi Rawat Jalan:

  • Poli Jiwa ( PSIKIATRI )
  • Poliklinik Anak
  • Poliklinik Bedah Syaraf
  • Poliklinik Bedah Umum
  • Poliklinik Gigi & Mulut
  • Poliklinik Jantung
  • Poliklinik Kebidanan
  • Poliklinik Konsultasi Gizi
  • Poliklinik Kulit & Kelamin
  • Poliklinik Mata
  • Poliklinik Neurologi
  • Poliklinik Orthodonti
  • Poliklinik Orthopedi
  • Poliklinik Paru
  • Poliklinik Penyakit Dalam
  • Poliklinik THT
  • Poliklinik Urologi
  • Poliklinik VCT